Kamis 23 Desember 2021, 17:32 WIB

Syuting Sinetron di Lokasi Pengungsian Semeru Dinilai Nir Empati

Anggi Tondi Martaon | Nusantara
Syuting Sinetron di Lokasi Pengungsian Semeru Dinilai Nir Empati

ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Bencana semeru

 

PEMBUATAN sinetron di lokasi pengungsian erupsi Gunung Semeru, Jawa Timu, dikecam. Tim produksi disebut tak memiliki rasa empati terhadap korban.

"Ada yang kehilangan rumah tinggal, ada yang kehilangan mata pencaharian, bahkan ada yang kehilangan itu semua," kata anggota Komisi VIII DPR Bukhori Yusuf saat dihubungi, Kamis, 23 Desember 2021.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyebut langkah tim produksi tersebut sebagai eksploitasi bencana untuk kepentingan materil. Menurut dia, tindakan tersebut sangat tidak etis.

"Padahal budaya dan agama kita mengajarkan saling berempati dan bahu membahu dalam menghadapi musibah apapun yang menimpa siapapun," ungkap dia.

Baca juga: Jawa Barat Targetkan 0 Desa Tertinggal pada 2022

Sebelumnya, video kegiatan syuting sinetron itu viral di media sosial. Sebab, kegiatan syuting itu dilakukan di posko pengungsi di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, pada Selasa, 21 Desember 2021.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq angkat bicara terkait proses kegiatan syuting sinetron di lokasi pengungsian bencana erupsi Semeru. Thoriq memastikan kegiatan syuting tersebut tidak memiliki izin.

Kegiatan itu (syuting sinetron) tidak ada izinnya alias ilegal,' kata Thoriq, dikonfirmasi, Kamis, 23 Desember 2021.

Meski demikian, ia membenarkan ada proses pengajuan izin dari rumah produksi pembuat sinetron itu. Namun, kata dia, pihaknya saat ini masih koordinasi dengan pihak berwenang.(OL-4)

Baca Juga

Dok.NasDem Susle

NasDem Pastikan Sebulan Lagi Akses Jalan ke Wilayah Terisolir Bisa Tembus

👤Lina Herlina 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:32 WIB
. Untuk tiba di Kecamatan Rampi dari ibu kota kabupaten, butuh waktu dua hari dengan menggunakan motor, padahal jaraknya hanya 84...
ANTARA FOTO/Saldi Hermanto/wpa

Gubernur Papua: HUT ke-77 Kemerdekaan RI Momentum untuk Bangkit

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:03 WIB
Lukas mengajak agar seluruh elemen masyarakat Papua memanfaatkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diraih...
Dok.SIG

SIG Resmikan Bantuan Pembangunan TPQ dan Renovasi Masjid Manba’ul Ulum di Kabupaten Gresik

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 13:19 WIB
Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Direktur Utama SIG, Donny Arsal dalam rangkaian kegiatan Istighotsah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya