Kamis 02 Desember 2021, 20:23 WIB

Sulteng Siapkan Mobil Vaksin untuk Genjot Vaksinasi Covid-19

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Sulteng Siapkan Mobil Vaksin untuk Genjot Vaksinasi Covid-19

ANTARA
Ilustrasi mobil vaksin

 

PEMERINTAH Sulawesi Tengah, menyiapkan mobil vaksin ke sejumlah kabupaten provinsi itu demi menggenjot capaian vaksinasi Covid-19.

Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura mengatakan, untuk memutus mata rantai Covid-19, tidak hanya dilakukan dengan menjaga protokol kesehatan, namun kunci utamanya adalah dengan membentuk kekebalan tubuh masyarakat melalui vaksin. "Mobil vaksin tersebut kami siapkan untuk menyasar kabupaten yang capaian vaksinnya masih rendah," terangnya, Kamis (2/12).

Menurut politisi NasDem itu, kabupaten yang menjadi tujuan pertama mobil vaksin adalah Parigi Moutong. Di kabupaten yang memiliki masyarakat terbanyak di Sulteng tersebut, mobil vaksin akan mobile ke seluruh kecamatan untuk menyuntikkan dosis vaksin tahap pertama hingga tahap ke dua ke masyarakat.  

"Saya berharap bupati dan seluruh pihak terkait di sana berkolaborasi sehingga bisa mempercepat sebaran vaksinasi dengan memanfaatkan mobil vaksin tersebut," tegas Rusdy.  

Selain Parigi Moutong, mantan Wali Kota Palu dua periode itu mengatakan, kabupaten yang juga dikunjungi mobil vaksin itu adalah Tojo Unauna dan Sigi. "Di awal peluncuran mobil vaksin, kami menyasar daerah yang capaian vaksinnya rendah dulu. Setelah itu baru ke kabupaten-kabupaten lainnya," ujar Rusdy.  

Hingga saat ini vaksinasi di Sulteng, baru mendekati 50 persen. Data Dinas Kesehatan Sulteng, capaian vaksinasi untuk dosis pertama baru mencapai 43,5 persen, dan dosis kedua 24,3 persen.

"Secara rinci capaian vaksinasi Covid-19 di Sulteng, dari total sasaran sejumlah 2.135.907 jiwa, yang telah divaksin dosis pertama sejumlah 928.790 jiwa dan dosis kedua sebanyak 519.386 jiwa," ungkap Rusdy.  

Dari jumlah tersebut, untuk capaian vaksinasi masyarakat lanjut usia dari sasaran sejumlah 196.628 jiwa, yang menerima dosis pertama sejumlah 47.056 jiwa dan dosis kedua 25.646 jiwa. "Semoga dengan adenya mobil vaksin itu capaian vaksin kita meningkat dan target bisa terpenuhi sebelum tutup tahun ini," tandas Rusdy. (OL-15)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono.

Lecehkan Penyanyi Dangdut, Bento Ditangkap Polres Klaten

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 18 Januari 2022, 17:22 WIB
Bento saat ditanya pers mengatakan bahwa ia tidak sengaja melecehkan dan memukul penyanyi dangdut yang tengah menghibur tamu di acara...
Antara/Umarul Faruq.

Banjir kembali Kepung Enam Kecamatan di Pasuruan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 18 Januari 2022, 16:58 WIB
Pantauan kondisi di lokasi kejadian pada Selasa (18/1) siang pukul 12.30 cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga...
MI/Widjajadi.

Kasatreskrim Boyolali Dicopot akibat Lakukan Pelecehan Seksual secara Verbal

👤Widjajadi 🕔Selasa 18 Januari 2022, 16:48 WIB
Ternyata kemudian ketika melapor kasusnya yang diperkosa GW di Bandungan, R malah menerima perlakuan tidak semestinya. Ia menerima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya