Kamis 25 November 2021, 14:05 WIB

Kurangi Kerusakan Lingkungan, Djarum Foundation Tanam 3.000 Bibit Pohon

Hilda Julaika | Nusantara
Kurangi Kerusakan Lingkungan, Djarum Foundation Tanam 3.000 Bibit Pohon

ANTARA/Didik Suhartono
Ilustrasi. Sejumlah prajurit TNI Angkatan Laut menanam pohon Tabebuya

 

SEBANYAK 3.000 bibit pohon ditanam di wilayah Kabupaten Rembang, tepatnya di sekitar kawasan GOR Mbesi Rembang, Jawa Tengah. Penanaman pohon itu sebagai upaya untuk mengurangi kerusakan lingkungan yang ada dan menjaga lingkungan hidup di masa depan.

Adapun sebanyak 2.000 pohon Tabebuya ditanam oleh inisiatif dari Bakti Lingkunga Djarum Foundation. Sementara 1.000 jenis pohon lainnya ditanam bersama-sama dengan Blibli.com.

Baca juga: Bupati Jembrana dan Kapolda Bali Tanam Pohon Kejujuran di ...

"Karena pada dasarnya Sang Pencipta menciptakan alam dalam keseimbangan. Namun ulah manusia yang biasanya merusak. Disadari atau tidak, ini menjadi tanggung jawab kita semua yang hadir di bumi ini. Kita wajib menyadarkan semua insan untuk tanggung jawab terhadap tempat di mana kita hidup," kata Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji di Kabupaten Rembang, Kamis (25/11).

Adapun bibit-bibit pohon yang ditanam ini semuanya berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) milik Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) yang berada di kudus, Jawa Tengah. Dalam program ini juga tidak sebatas penanaman saja, melainkan perlu ada perawatan yang berkelanjutan

"Sehingga menjadi komitmen dalam mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan," imbuhnya.

Ia pun menjelaskan, program ini sebagai bentuk nyata bahwa manusia sangat bergantung dengan alam. Karena jika ada kerusakan di lingkungan sekitar maka akan berdampak pada bencana yang merugikan manusia itu sendiri.

"Kita sangat tergantung terhadap bumi ini, tapi bumi sama sekali tak butuh kita. Mau diapakan boleh, dirusak boleh, tapi suatu saat akan menunjukan dirinya seperti banjir, tanah longsor hingga kita sendiri mendapatkan akibatnya," ungkapnya.

Untuk diketahui, sepanjang 2021 BLDF telah menanam sebanyak 2,3 juta pohon di berbagai wilayah di Indonesia. Di PPT, BLDF telah bekerja sama dengan peneliti dan akademis untuk menghasilkan bibit dan teknik perawatan terbaik. Sehingga pohon dapat tumbuh subur.

Sementara itu, Blibli juga turut melakukan #AksiCintaBumi melalui penanaman 1.000 bibit pohon di Rembang, Jawa Tengah, bertepatan dengan momen Hari Menanam Pohon Indonesia pada 28 November.

Penanaman pohon ini merupakan hasil dari pengumpulan 10.000 kardus bekas yang telah dikembalikan para pelanggan melalui armada pengiriman BES dan tempat pengumpulan kardus (collection boxes) Blibli Cinta Bumi yang tersebar di beberapa titik di Jabodetabek selama periode 2020–2021.

“Sustainable Business atau Bisnis Berkelanjutan merupakan prinsip terpenting bagi Blibli dalam menjaga kelangsungan bisnis dan lingkungan, di mana keduanya harus berjalan secara beriringan. Dalam hal ini, Blibli Cinta Bumi menjadi upaya kami dalam melestarikan lingkungan," ujar COO Blibli, Lisa Widodo. (Hld/A-1)

 

 

Baca Juga

Antara

Ketua FPKS Ajak Potong Gaji Bantu Korban Letusan Gunung Semeru

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 10:25 WIB
Jazuli juga mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia di manapun berada bergerak membantu korban bencana dengan cara dan kemampuan...
AFP/ ADEK BERRY

Update Korban Meninggal Dunia Erupsi Gunung Semeru

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 06 Desember 2021, 10:21 WIB
"Korban meninggal dunia teridentifikasi di dua kecamatan, yaitu 11 orang meninggal dunia di Kecamatan Pronojiwo, sedangkan 3 orang...
DOK MI

Festival Labengki Dimeriahkan untuk Mengajak Wisatawan ke Sultra

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 09:56 WIB
Festival Labengki yang digelar bekerja sama dengan Media Group, yakni Metro TV dan Media Indonesia, disambut antusias para...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya