Kamis 11 November 2021, 17:09 WIB

Musim Paceklik, Harga Beras di Gresik Diprediksi Terus Melambung

Yakub Ahmad | Nusantara
Musim Paceklik, Harga Beras di Gresik Diprediksi Terus Melambung

AFP/Liliek Dharmawan.
Ilustrasi.

 

HARGA beras di pasar tradisional Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mengalami kenaikan sekitar Rp500-Rp1.000 per kilogram (kg). Hal ini karena petani di kawasan setempat sedang memasuki musim paceklik.

"Iya saat ini harga naik kisaran Rp1.000 per kg," terang Dewi, pedagang beras di Pasar Panceng, Gresik, Kamis (11/11) siang. Menurut dia, untuk beras kualitas medium harganya naik sebesar Rp500 dari yang semula kisaran Rp9.000 per kg. 

Sedangkan, untuk kualitas premium naik sebesar Rp1.000 dari harga sebelumnya kisaran Rp9.000 per kg. "Ini karena petani sedang musim paceklik, Mas," tambahnya.

Senada disampaikan Wandi, pemilik penggilingan padi di kawasan setempat. Menurut dia, kenaikan beras terjadi dalam sepekan terakhir. 

Ini karena hanya sebagian kecil lahan pertanian yang panen. Sebagian besar lahan pertanian lain dalam kondisi telantar tanpa tanaman.

Baca juga: Bus Tabrak Dua Minibus di Sumberlawang Sragen

Ia juga memprediksi dalam beberapa pekan mendatang harga beras bakal terus melambung naik. Pasalnya, petani baru akan mengolah lahan pada musim penghujan ini hingga akhir bulan mendatang. (OL-14)

Baca Juga

dok.ist

Warga Desa di Kalteng Nyatakan Dukungan Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:35 WIB
RATUSAN masyarakat Kalimantan Tengah yang tergabung dalam Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Kalteng mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah,...
ANTARA

PT KAI Daop 3 Cirebon Tambah Jadwal KA Argo Cheribon

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:15 WIB
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, yang biasanya mengoperasikan kereta api (KA) Argo Cheribon dua kali sehari,...
DOK MI

Kasus PMK Telah Menyebar Di 20 Kabupaten/Kota Di Jabar

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:05 WIB
2.816 hewan ternak berkuku belah seperti sapi potong, sapi perah, domba dan kambing di Jawa Barat tertular virus yang menyebabkan penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya