Selasa 02 November 2021, 20:50 WIB

Pandemi Mereda, Solo Keroncong Festival Digelar Lagi

Widjajadi | Nusantara
Pandemi Mereda, Solo Keroncong Festival Digelar Lagi

MI/WIDJAJADI
Penyanyi keroncong Woro Mustika menyanyi saat jumpa pers Solo Keroncong Festival

 


PEMERINTAH Kota Surakarta, Jawa Tengah, akan menggelar lagi Festival Nasional Keroncong. Kegiatan rutin itu sudah bergulir sejak kepemimpinan Wali Kota Joko Widodo pada 2009.

Tahun ini, gelaran dilaksanakan secara hybrid pada 7-8 November di Convention Hall Tirtonadi.

"Event warisan ini sampai sekarang masih menjadi barometer festival keroncong di Indonesia dan internasional," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Agus Santosa, Selasa (2/11).

Surakarta, lanjut dia, merupakan satu satunya kota yang konsisten menggelar festival keroncong setiap tahun, sebelum muncul pandemi tahun lalu. Gelaran Solo Keroncong Festival 2021 diadakan bersamaan dengan semakin meredanya situasi pandemi covid-19. Status kota ini PPKM level 2.

Menurut musisi keroncong Bambang Heri, yang menjadi panitia Solo Kroncong Festival, gelaran kali ini lebih untuk menggugah jiwa generasi penerus musik keroncong, dengan memanfaatkan platform digital dengan tujuan pelestarian, regenerasi, dan reaktualisasi musik keroncong.

"Kami tujukan untuk para pegiat maupun penikmat musik keroncong, terutama untuk kaum milenial, agar gandrung kepada musik keroncong," papar dia.

Bambang menambahkan dengan semangat Keroncong Berseri dan tema Historia untuk Millenial, Solo Keroncong Festival 2021 diharapkan mampu mengemban misi pelestarian dan sekaligis pengembangan musik keroncong, khususnya untuk kalangan milenial.

Sruti Respati, pegiat seni musik tradisi yang juga menjadi panitia festival menambahkan kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan tamu undangan terbatas.

"Solo Keroncong Festival 2021 akan menampilkan perjalanan musik keroncong mulai dari masa lalu, masa kini, dan tawaran musik keroncong masa depan," tambahnya.

Ada 11 kelompok orkes keroncong nasional dan internasional yang menjadi peserta. Festival juga dimeriahkan bintang tamu, di antaranya Waldjinah, Sundari Sukoco, Intan Sukoco, Endah Laras, Sruti Respati, Iin Indriani, Billy Tamnge Beatbox, Daniel Christianto, Woro Mustiko Siwi Encik Sri Krishna dan sejumlah seniman keroncong Solo.

Dalam rangkaian Solo Keroncong Festival 2021 pada hari pertama juga disajikan Pod Kron (podcast keroncong) yang akan memberikan edukasi mengenai perkembangan keroncong dari masa ke masa serta masa depan musik keroncong.

Podcast ini rencananya melibatkan Bens Leo sebagi host, dan narasumber Singgih Sanjaya, Bambang Heri, dan Addie MS yang akan bergabung secara live interaktif. (N-2)

 

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Masyarat Tionghoa Peduli Gelar Donor Darah Bantu Penuntasan DBD di Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:55 WIB
Masyarakat Tionghoa Peduli sudah menggelar donor darah sejak tahun...
  ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tingkatkan Kemantapan Jalan

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:50 WIB
Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat memastikan  akan segera melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan provinsi...
FOTO ANTARA/FERI PURNAMA

Jabar Quick Response Sumbang Perahu untuk SDN Ciloma, Sukabumi

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:45 WIB
Siswa SDN Ciloma harus pulang pergi menyeberangi sungai menuju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya