Selasa 26 Oktober 2021, 16:47 WIB

Malang Raya Siaga Bencana Hidrometeorologi

Bagus Suryo | Nusantara
Malang Raya Siaga Bencana Hidrometeorologi

Medcom
Ilustrasi

 

PEMERINTAH daerah (Pemda) di Malang Raya meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, Jawa Timur, mengantisipasi bencana hidrometeorologi.

Wali Kota Malang Sutiaji, Selasa (26/10), menyatakan sudah melakukan berbagai upaya preventif banjir saat hujan deras disertai angin. Dinas Lungkungan Hidup dan BPBD terus mendata pohon-pohon rawan tumbang sepanjang jalan protokol. Mitigasi bencana diperlukan karena banyak pohon berusia tua apalagi ancaman puting beliung merata di Jawa Timur.

Pemkot Malang juga menyiapkan pompa untuk mengantisipasi genangan  saat terjadi hujan agar tidak sampai menimbulkan kerugian secara masif. "Petugas juga mengecek timbunan sampah," tegas Sutiaji.

Sedangkan Pemkot Batu melakukan upaya serupa karena potensi cuaca ekstrem sejak November sampai Januari 2022 mengancam kota wisata tersebut. Karena itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meningkatkan kewaspadaan.

"Biasanya, Kota Batu akan menghadapi bencana banjir dan longsor. Kita harus mempersiapkan diri untuk mengantisipasi, termasuk pembersihan dan penanaman pohon vetiver," kata Dewanti Rumpoko.

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Malang Bambang Istiawan mengimbau warga yang bermukim di perbukitan, bantaran sungai dan sekitar tebing curam agar berhati-hati dan bersiaga. Sebab, potensi bencana tanah  longsor dan banjir bisa terjadi sewaktu-waktu selama musim penghujan ini. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Haryanto

Pengelola Wisata Ketep Pass Magelang Apresiasi PWI Jateng

👤Haryanto 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:24 WIB
DIREKTUR  Utama (Dirut) Daya Tarik Wisata Ketep Pass Kabupaten Magelang, Mul Budi Santoso mengapresiasi dan menyambut baik Ajang...
MI/Heri Susetyo

Hewan Ternak di Porong Divaksin Booster PMK

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:20 WIB
LEBIH dari 100 ekor hewan ternak sapi dan kambing di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo mendapatkan suntikan vaksin guna mengantisipasi...
dok.ant

Mesin Monster Sampah Buatan BUMN Dioperasikan di Desa Adat Seminyak

👤Arnoldus 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:15 WIB
DESA Adat Seminyak, Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung mendapat bantuan mesin pengolah sampah monster yang dibuat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya