Selasa 19 Oktober 2021, 17:08 WIB

Layanan Mobile Vaksinasi Covid-19 Efektif Sasar Target Hingga Ke Pelosok Cianjur

Benny Bastiandy | Nusantara
Layanan Mobile Vaksinasi Covid-19 Efektif Sasar Target Hingga Ke Pelosok Cianjur

DOK MI
Layanana mobile vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

 

SISTEM mobile atau jemput bola vaksinasi covid-19 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berjalan cukup efektif. Bahkan, animo masyarakat di wilayah selatan yang notabene sebagiannya bermukim di wilayah pelosok, sangat antusias mengikutinya.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan pemkab mengerahkan tiga unit kendaraan yang setiap hari mobile melayani vaksinasi covid-19 bagi masyarakat. Tim bergerak ke wilayah-wilayah yang masyarakatnya terdeteksi belum banyak divaksin.

"Justru sekarang di selatan yang lebih banyak. Antusiasnya sangat tinggi. Kita punya tiga mobil vaksinasi. Kita jemput langsung ke warga," kata Herman kepada Media Indonesia sesuai acara penerimaan dan pemberian uang kadeudeuh bagi atlet Kabupaten Cianjur yang berprestasi pada PON XX Papua di Pendopo Cianjur, Selasa (19/10).

Pola jemput bola pelayanan vaksinasi cukup berdampak signifikan terhadap cakupan sasaran. Saat ini capaian vaksinasi covid-19 di Kabupaten Cianjur sudah berada di kisaran 32%.

"Sekarang Cianjur baru mencapai 32%. Kita ingin 50%. Kalau 50% berarti kita masuk level 2," ucapnya.

Herman memastikan stok vaksin yang tersedia relatif cukup banyak atau diperkirakan memenuhi kebutuhan untuk beberapa pekan ke depan. Karena itu, Herman mengajak masyarakat agar mau divaksin covid-19 untuk mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) atau paling tidak mencapai target 50%. "Agar aman dan bisa beraktivitas ke mana-mana, ikuti vaksin," tegasnya.

Herman pun meminta masyarakat tak memilah dan memilih jenis vaksin tertentu. Pasalnya, semua vaksin yang digunakan saat ini sudah melalui uji klinis serta dijamin kehalalannya.

"Semua sama. Jangan pilih-pilih. Vaksin secepatnya agar Cianjur kembali ke level 2 atau bahkan level 1. Dengan divaksin, masyarakat Cianjur bisa sehat dan ekonomi kembali meningkat," ujarnya.

Herman tak memungkiri leveling vaksinasi covid-19 masih cukup rendah. Saat ini penilaian vaksinasi masih berada di level 3. "Tapi untuk indikator penanganan covid-19 di Kabupaten Cianjur, alhamdulillah kita berada di level 1," jelas Herman.

Saat ini yang terindikasi konfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Cianjur tersisa 2 orang di RSUD Sayang. Hampir semuanya sudah nol. Makanya, agar kembali ke level 2 atau level 1, vaksinasi yang sekarang terus dipercepat," pungkasnya.

Berdasarkan data, hingga Senin (18/10), jumlah agregat konfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Cianjur sebanyak 10.856 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 10.637 orang dinyatakan sembuh dan 18 orang masih menjalani isolasi. Sedangkan pasien yang meninggal dunia tercatat sebanyak 201 orang. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/WIDJAJADI

BI Surakarta Gelar Pelatihan Kuliner Halal untuk UMKM

👤Widjajadi 🕔Senin 06 Desember 2021, 21:50 WIB
Bisnis kuliner halal kini menjadi sangat penting, karena banyak dicari dan dibutuhkan masyarakat...
DOK/APINDO JAWA BARAT

Hadapi Persaingan Usaha, Pengusaha Jawa Barat Harus Bertransformasi

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 06 Desember 2021, 21:50 WIB
 Apindo Jawa Barat, saat ini, mulai mencari investor untuk kembali menggeliatkan aktivitas...
MI/Djoko Sardjono

Klaten Luncurkan Program Tuntas Vaksinasi Berhadiah Sepeda Motor

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 06 Desember 2021, 21:36 WIB
BUPATI Klaten Sri Mulyani meluncurkan program kabupaten tuntas vaksinasi di Pasar Srago, Klaten, Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya