Selasa 05 Oktober 2021, 06:45 WIB

Petani Pidie Panen Raya Padi Gadu

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Petani Pidie Panen Raya Padi Gadu

MI/Amiruddin Abdullah Reubee
Pekerja mengangkut gabah padi hasil panen yang baru dipotong di Pidie, Aceh, Senin (4/10).

 

PANEN raya padi musim gadu (musim panen kedua) di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, sedang berlangsung. Ini adalah puncak musim panen yang dinantikan warga setempat di tengah pandemi covid-19.

Namun, panen raya kali ini tidak seindah seperti saat potong padi rendengan (musim panen pertama), lima bulan lalu. Pasalnya, hasil produksi gabah rata-tata menurun dari biasanya.

Di Kecamatan Indrajaya, Kecamatan Pidie, dan Kecamatan Lampoih Sakah, misalnya, hasil produksi panen gadu kali ini berkisar 5 ton hingga 6 ton per hektare. Jumlah itu lebih rendah dari perolehan hasil produksi musim panen rendengan lalu, yang mencapai sekitar 7 ton hingga 8 ton per ha.

Baca juga: 13 Polres di Pesisir Utara Bakal Tanam 130.000 Bakau Secara Serentak

"Kalau musim rendengan dan persediaan air irigasi terganggu biasanya lebih melimpah lagi hasil panennya, bahkan mencapai 7 ton hingga 8 ton per ha," tutur Suryadi, petani di Kemukiman Garot, Kecamatan Indrajaya, Pidie, Senin(4/10).

Dikatakan Suryadi, rendahnya hasil produksi panen di musim gadu kali ini diduga karena tanaman padi terserang hama penyakit. Di antaranya adalah terserang hama penggerek daun dan bulir.

Bahkan tidak jarang digasak hama tikus. Ditambah lagi cuaca buruk hingga terjadi kekeringan pada dua bulan lalu.

"Banyak kendala sehingga panen raya kali ini tidak begitu mengembirakan," kata Fauzan, petani di pedalaman Lhok Kaju, Kecamatan Indrajaya.

Beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pidie, Sofyan Ahmad, kepada Media Indonesia, mengatakan, dari luas lahan sawah sekitar 24.000 ha di wilayah tugasnya itu, sedikitnya sekitar 40% di antaranya ditanami padi musim gadu. Sedangkan sebagian lagi, ada yang diisi dengan palawija, ditanami bawang merah, kacang tanah dan sayuran lainnya. (OL-1)

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya