Kamis 30 September 2021, 20:19 WIB

Harga Beras di Indramayu Turun, Penjualannya pun Ikut Turun

Nurul Hidayah | Nusantara
Harga Beras di Indramayu Turun, Penjualannya pun Ikut Turun

MI/Benny Bastiandy
Pedagang beras merasakan harga beras premium turun tapi penjualan juga turun.

 

HARGA beras premium  di pasar tradisional di Kabupaten Indramayu alami penurunan. Penjualan beras juga mengalami penurunan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Pasar Mambo, Kabupaten Indramayu, harga beras premium sebelumnya  ada di kisaran harga Rp11 ribu hingga Rp 12 ribu perkilogram. Tapi saat ini turun di kisaran harga Rp10.500 hingga Rp11 ribu perkilogram.

"Turunnya Rp 500 perkilogram. Tergantung kualitas," tutur Jana, pemilik salah satu kios beras di Pasar  Mambo, Indramayu, Kamis (30/9).

Dijelaskan Jana, beras premium tersebut merupakan hasil panen gadu sebelumnya dan memiliki kualitas yang bagus. Sebelumnya, beras hasil panen gadu ini dijadikan petani sebagai beras simpanan. Seiring dengan adanya panen raya, petani pun mengeluarkan beras simpanannya. Nantinya, hasil panen gadu tahun ini yang akan mereka simpan kembali.

Sedangkan untuk beras medium menurut Jana, tidak mengalami  perubahan. Yaitu masih dikisaran Rp10 ribu hingga R10.500 perkilogram.

Terkait penjualan beras, Jana mengungkapkan, di masa PPKM ini penjualan beras di kiosnya menurun. Diantaranya disebabkan banyaknya warung nasi dan restoran yang tutup. Selain itu di masyarakat juga beredar beras bantuan sosial (bansos) dari pemerintah sehingga masyarakat mengurangi pembelian beras di pasar.

"Biasanya sehari terjual 7 kuintal, sekarang hanya sekitar 2 kuintal," tutur Jana.

Sementara itu Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten
Indramayu, Sutatang, menjelaskan masa panen raya telah dimulai sejak
Agustus lalu. Hingga kini masih ada yang belum selesai panen. Ini yang menjadi penyebab stok gabah dan beras di masyarakat,  khususnya petani melimpah. (OL-13)

Baca Juga: Legislator Minta PT. Timah Naikan Harga Beli Biji Timah

 

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Cianjur Optimistis Sektor Pariwisata Kembali Bangkit

👤Benny Bastiandy/Budi Kansil 🕔Jumat 20 Mei 2022, 16:45 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, optimistis sektor pariwisata akan kembali menggeliat pascalibur Idul Litri 1443...
DOK MI

Kasus PMK Ternak Tersebar di 3 Kecamatan di Cilacap

👤Lilik Darmawan 🕔Jumat 20 Mei 2022, 16:39 WIB
PEMKAB Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) membentuk Tim Unit Reaksi Cepat (URC) untuk menanggulangi kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada...
MGN/Iswahyudi

Anak di Kendal Cabut Selang Oksigen dan Biarkan Ibu Kandung Tewas

👤Iswahyudi (MGN), Muhardi (SB) 🕔Jumat 20 Mei 2022, 16:32 WIB
SUNARTO, 41, alias Tumian tega membunuh ibu kandungnya sendiri, Suratmi, 70, warga Desa Korowelang Anyar, Cepiring, Kabupaten Kendal, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya