Selasa 14 September 2021, 17:45 WIB

Dukung Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan Badung Tebar 30 Ribu Benih Ikan Nila

Ruta Suryana | Nusantara
Dukung Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan Badung Tebar 30 Ribu Benih Ikan Nila

MI/Ruta Suryana

 

GUNA mendukung ketahanan pangan di masa pandemi, Dinas Perikanan Kabupaten Badung, Bali menebar 30.000 benih ikan nila di Jaba Pura Mumbul Sari dan saluran irigasi Desa Angantaka, Selasa (14/9).

Kepala Dinas Perikanan Badung, I Nyoman Suardana mengatakan, kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama dengan Perbekel (Kepala Desa) Angantaka dan Karang Taruna Catur Tunggal Desa Angantaka dalam upaya melestarikan hayati sungai, menjaga kebersihan sungai dan sekaligus mendukung ketahanan pangan terutama pada masa pandemi Covid-19.

Pihaknya berharap benih ikan yang ditebar agar dipelihara, dijaga kelestariannya, tidak diracun, disetrum, yang pada nantinya dapat dipanen untuk dikonsumsi.

''Di samping itu dengan adanya ikan di sungai akan menambah hayati ikan karena banyak jenis ikan yang sudah punah seperti ikan nyalian, betok, jeleg, bahkan anak-anak sekarang tidak tahu yang namanya jubel, klipes dan sejenisnya,'' ujarnya.

Menurut Suardana, dengan adanya masyarakat memelihara ikan di sungai diharapkan dapat mengurangi masyarakat yang membuang sampah sehingga sungai menjadi bersih, sebagaimana kebijakan Bupati Badung yang menjadikan sungai sebagai tampak depan rumah kita bisa terwujud.

''Sampai saat ini kita sudah menebar 1.732.000 ekor ikan dari target 2.100.000 ekor di tahun 2021,'' ujarnya. 

Adapun penebarannya dilakukan di beberapa kolam kelompok budidaya, saluran irigasi, dan beji, yang semuanya sesuai dengan permohonan dari masyarakat.  (RS/OL-10)
 

Baca Juga

MI/Dwi Apriani.

Tempat Wisata di Pagaralam Dibuka dengan Protokol Kesehatan

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 24 September 2021, 16:23 WIB
Meski objek wisata di Pagaralam sudah boleh beroperasi, tetapi pemeerintah kota tetap menjalankan protokol kesehatan covid-19 yang...
Antara/Ampelsa.

Penularan Covid-19 Terjadi di Salah Satu SD Gunungkidul

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Jumat 24 September 2021, 16:08 WIB
Terkait kebijakan penanganan selanjutnya, pihaknya menyerahkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten...
Antara/Iggoy el Fitra.

Sumbar Ingin Geopark Ranah Minang Masuk UNESCO Global Geopark

👤Yose Hendra 🕔Jumat 24 September 2021, 15:45 WIB
Ada 11 kabupaten dan kota di Sumbar yang memiliki kekayaan berupa keunikan geologi, unsur arkeologi, ekologi dan budaya yang dikenal dengan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya