Sabtu 11 September 2021, 09:23 WIB

Kapolda Jabar Apresiasi Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

mediaindonesia.com | Nusantara
Kapolda Jabar Apresiasi Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Ist
Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri (kiri) dan Menparekraf Sandiaga Uno.

 

KAPOLDA Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Ahmad Dofiri mengapresiasi program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf.

Event yang bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Apalagi, ADWI 2021 mengangkat tema “Indonesia bangkit” tema yang diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi Covud-19.

Kapolda mengapresiasi yang tinggi terhadap inovasi program Kemenparekraf yang terus mengembangkan lokasi wisata menjadi sentra ekonomi sehingga membangkitkan pendapatan dan mengurangi pengangguran di Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat. 

Dengan kerja sama bersama pemerintah Pusat di massa pandemic seperti ini ADWI diharapkan mampu menangani berbagai persoalan sosial ekonomi didalam masyarakat seperti contohnya di bidang pariwisata.

Apalagi dengan PPKM yang sudah semakin turun sehingga lokasi wisata sudah boleh dikunjungi tetapi dengan tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19.

"Melalui kategori-kategori ini diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi desa wisata berkelanjutan," kata Ahmad Dofiri pada keteranga pers, Sabtu (11/9).

."Selain itu, juga mampu meningkatkan kualitas desa wisata di Indonesia, serta mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan, dan Mampu Mendorong Pembangunan daerah dan Kesejahteraan,” tegasnya.

Dia menegaskan di Jawa Barat sendiri masih banyak desa-desa yang berpotenasi untuk menjadi lokasi wisata dan dikenalkan di Indonesia.

Melalui ADWI ini, menurut Kapolda Jabar, desa yang tadinya tidak terekspos bisa dikenal dan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat desa tersebut.

"Salah satu perbaikan ekonomi memang dari bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini dilakukan oleh kemenparekraf,” katanya.

Apalagi dia baru mengetahui ada lokasi bagus dan potensi-potensi ekonomi kreatif yang diketahuinya setelah keliling mendampingi Menteri Sandiaga Salahudin Uno. 

Kapolda Berharap dengan adanya perhatian dari pemerintah pusat maka bisa mengembangkan wsiata di Jawa Barat khususnya Kota dan Kabupaten Bandung sehingga dengan meningkatkan ekonomi warga , maka semakin berkurangnya permasalahan Kamtibmas di Kota Bandung.(RO/OL-09)

Baca Juga

Dok.MI

Polrestabes Medan Ungkap Kasus Pencabulan Anak Kandung

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 21 Januari 2022, 07:00 WIB
Hasil interogasi, pelaku mengaku melakukan pencabulan sejak Desember 2021 dengan cara mengancam korban untuk memperlancar aksinya...
MI/Apul Iskandar

Wali Kota Tebing Tinggi Raih Penghargaan dari OJK

👤Apul Iskandar 🕔Jumat 21 Januari 2022, 06:44 WIB
Wali Kota Tebing Tinggi itu menjadi satu-satunya kepala daerah dari 514 daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menerima penghargaan...
MI/PALCE AMALO

Pembangunan Jembatan Naen di Timor Tengah Utara Rampung 90%

👤Palce Amalo 🕔Jumat 21 Januari 2022, 06:23 WIB
Sebelumnya, warga di daerah itu memprotes pemerintah daerah karena menilai pembangunan jembatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya