Minggu 22 Agustus 2021, 14:54 WIB

Pipa Pecah, 50 Ribu Pelanggan PDAM Bandung Terganggu

Novrian Ardi | Nusantara
Pipa Pecah, 50 Ribu Pelanggan PDAM Bandung Terganggu

Antara
Ilustrasi

 

PECAHNYA pipa PDAM Tirtawening Bandung yang berada di Jalan RE Martadinata atau Jalan Riau Kota Bandung yang terjadi pada Sabtu (21/08) malam, menyebabkan sekitar 50 ribu pelanggan terganggu dan tidak bisa menerima pasokan air dari PDAM tersebut.

Perbaikan pipa PDAM yang bocor pun langsung dilakukan kemarindengan mengerahkan satu alat berat guna menggali aspal dan tanah di bawahnya. Selain itu jalan sekitar lokasi pipa pecah juga ditutup, seperti persimpangan Jalan Serayu-Jalan Riau dan Persimpangan Jalan Pramuka-Jalan Riau.

Direktur Utama PDAM Tirtawening, Sonny Salimi menjelaskan ada sekitar 60 sampai 70 persen atau 50 ribu pelanggan terdampak dari kejadian pecahnya pipa PDAM. Padahal setiap minggu sudah lakukan perawatan rutin.

"Kami setiap minggunya ada perawatan aksesoris dan biasanya kalau perawatan pipa bertekanan itu sudah secara otomatis ada pengendali. Secara teori, pipa ini juga bisa bertahan sampai 100 tahun. Jadi, kemungkinan karena adanya getaran atau hal lain yang membuat kebocoran
ini," jelasnya kemarin saat meninjau lokasi pipa yang bocor tersebut

Baca juga : Kapolsek Penganiaya Warga di Rote Dicopot dan Ditahan

Pipa yang alami kebocoran ini, Sonny menyebut masuk pada Cisangkuy lama yang memiliki panjang sepanjang 36 kilometer dari Cikalong Pangalengan (Kabupaten Bandung) ke Badak Singa dengan berada di bawah jalan-jalan hingga ada yang di bawah bangunan.

"Kami mengimbau kepada pelanggan untuk berhemat air. Kalau masih belum mendapat air karena terganggunya pecah pipa ini segera hubungi kami. Maka kami akan kirimkan mobil tangki air," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pecahnya pipa air berukuran 90 cm ini terjadi sekitar pukul 19.20 WIB, ini menyebabkan genangan air di lokasi dan menghambat arus lalu lintas dan hingga kemarin pihak PDAM masih mencari penyebab pecahnya pipa tersebut. Diperkirakan perbaikan pipa yang pecah tersebut memakan waktu 10 hari karena harus ada pemadatan tanah terebih dahulu.

Pengendara yang melintas di Jalan Riau awalnya dibuat terkejut, Sabtu (21/08) malam., tidak ada hujan, tiba-tiba Jalan Riau berubah seperti aliran sungai. Air mengalir deras dari perempatan Jalan Riau dekat Taman Pramuka menuju ke arah perempatan Jalan Riau-Jalan Anggrek. Akibatnya banyak pengendara yang mengurungkan niat untuk melintas.

Dampak dari deras nya air yang keluar, membuat sebagian badan jalan terlihat ambles. Garis berwarna kuning hitam langsung dipasang di area tersebut. Petugas mengecek seberapa parah kerusakan yang terjadi. Saat ini lalu lintas di kawasan tersebut untuk sementara ditutup. (OL-2)

 

 

Baca Juga

dok.humas

Ganjar Pranowo Terima Curhatan Kades-Petani Tembakau di Lampung

👤Haryanto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:36 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bertemu dengan petani tembakau dan DPC Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)...
MI/Adam Dwi

Beasiswa OSC Medcom.id Jembatan Raih Pendidikan Berkualitas

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:25 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id menjadi jembatan bagi para pelajar di Tanah Air untuk meraih pendidikan...
DOK Sicepat.

Cegah Tsunami, Puluhan Ribu Pohon Ditanam pada Pantai Pangandaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:34 WIB
Kegiatan tersebut akan sangat mendukung berbagai ekosistem di wilayah hutan pantai Karang Tirta. Hal ini akan menjadi benteng pertahanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya