Jumat 13 Agustus 2021, 13:25 WIB

Turun Level Kota Bandung Masuk Zona Orange Penyebaran Covid-19

Naviandri | Nusantara
Turun Level Kota Bandung Masuk Zona Orange Penyebaran Covid-19

MI/Naviandri
Jalan Chiampleas Bandung yang biasanya dipadati pengunjung, kini sepi sejak diberlakukannya PPKM di Kota Bandung, Jawa Barat.

 

TURUNNYA jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Bandung, Jawa Barat, membuat level PPKM di sana juga turun. Semula Kota Bandung PPKM level 4, kini berada di level sedang atau orange.

Dari informasi terakhir Pusat Informasi Covid-19 (Pusicov) Kota Bandung, kasus positif aktif mencapai 5.468 berkurang 192 kasus dari sehari sebelumnya. Pasien sembuh mencapai 32.857 atau bertambah 343 dari sehari sebelumnya dan pasien meninggal dunia mencapai 1.344 bertambah 6 orang.

Wali kota Bandung, Oded M Danial menyambut baik turunnya level penyabaran Covid ini. Dia berterimakasih kepada masyarakat yang telah disiplin protokol kesehatan (prokes). Dia juga meminta masyarakat tetap disiplin prokes.

"Mohon hasil ini jangan jadikan perjuangan yang sia-sia, dengan mulai abai lagi prokes, tidak disiplin lagi dalam menurunkan angka penyebaran
Covid-19. Sambil berjalan upaya vaksin terus dilakukan, pelaksanaannya akan terus dipermudah untuk segera mencapai target herd immunity yang
diharapkan," harap Wali Kota Oded, Jumat (13/8)

Dengan kondisi ini, Oded berharap pemulihan ekonomi semakin meluas. Zona orange semakin meluas, berarti akan semakin banyak relaksasi untuk seluruh sektor termasuk ekonomi.

"Hayu menuju merdeka dari COVID-19, terus perkuat kerjasama dalam disiplin menjalankan protokol kesehatan. Indikator semakin membaik, Insya Allah pelonggaran aktivitas terus bertambah. Hatur nuhun wargi Bandung, kerjasama kita luar biasa," ujarnya.

Gerai Vaksinasi

Ujicoba pengoperasian gerai vaksinasi Covid-19 di dua mal, yakni Paris Van Jaya (PVJ) dan Trans Studio Mall (TSM) di Kota Bandung berjalan sesuai harapan. Namun, terbatasnya dosis vaksin yang disediakan membuat banyak pengunjung yang sengaja datang ke mal agar bisa ikut vaksinasi covid-19 terpaksa kembali pulang karena persediaan vaksin habis. Akibatnya, sebelum sore, gerai vaksin yang ramai sejak mal dibuka, ditutup.

Salah seorang pengunjung PVJ, Vania (22), mengaku sedikit kecewa karena harapannya bisa mendapatkan vaksin gagal. Saat ia datang, sore hari, gerai vaksin di TSM sudah tutup. Ia pun terpaksa kembali karena tak bisa masuk ke area mal lantaran belum divaksin.

"Mal itu kan jam operasionalnya sampai malam, kalau bisa sih kuota vaksinnya ditambah lagi. Karena kasihan juga seperti saya yang memang hendak berbelanja dan belum divaksin jadi harus pulang lagi," sarannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, mengakui vaksin yang disediakan dalam uji coba gerai vaksin di mal ini memang terbatas.

"Ada 500 vial yang kami kirim ke dua gerai vaksin yakni TSM dan PVJ. Masing-masing 250 vial, kami meminta (vaksin) kepada Provinsi Jabar agar tak mengganggu kuota vaksin Kota Bandung," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, masih banyak pegawai tenan mal di PVJ yang belum dvaksinasi. Di hari pertama gerai vaksin, para pegawai tenan mengantre bersama pengunjung. Namun, kuota sudah habis sementara antrean masih panjang. (OL-13)

Baca Juga: Ribuan Tenaga Kesehatan Jalani Vaksinasi Dosis Ketiga

 

Baca Juga

ANTARA/Umarul Faruq

PVMBG: Aktivitas Vulkanik Gunung Semeru Cenderung Mereda

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:57 WIB
PVMBG mengambil langkah mitigasi dengan menaikkan status Gunung Semeru dari sebelumnya Level III atau Siaga menjadi Level II atau...
dok.ist

GMC Sumsel Gelar Gerakan Milenial Cinta Lingkungan

👤Dwi Apriani 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:10 WIB
Ganjar Milenial Center (GMC) memperkuat program gotong royong untuk konsolidasi dukungan bagi Ganjar Pranowo Presiden...
DOK.MI

Polisi Tahan WN AS Pelaku Kekerasan Seksual di Vila Canggu

👤Arnoldus Dhae 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:00 WIB
Bule asal California, Amerika Serikat, JPA Jr, 38, diduga melakukan kekerasan seksual terhadap warga negara Filipina BJCB,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya