Kamis 12 Agustus 2021, 23:16 WIB

Polres Klaten Tangkap Pembuat Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Palsu

Djoko Sardjono | Nusantara
Polres Klaten Tangkap Pembuat Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Palsu

MI/Djoko Sardjono
Konfrensi pers pengungkapkan kasus kartu vaksinasi Covid-19 di Mapolres Klaten, Jawa Tengah.

 

SATUAN Reserse Kriminal Polres Klaten, Jawa Tengah, menangkap dua  tersangka pencetak kartu/ sertifikat vaksinasi covid-19 palsu. Kedua tersangka, Yulius NH, 29, dan Edy P, 29, ditangkap 30 Juli lalu,  beserta barang bukti 14 kartu vaksinasi palsu dan seperangkat komputer.

Barang bukti lainnya yang juga diamankan petugas, yakni alat pemotong kertas dan empat buah telepon seluler berbagai merk. Hal itu diungkapkan Kasatreskrim Polres Klaten Ajun Komisaris Andriansyah Rithas Hasibuan, Kamis (12/8).

Penangkapan dilakukan berdasarkan informasi, bahwa ada orang yang bisa mencetak sertifikat atau kartu vaksinasi covid-19 palsu. Biaya pencetakan kartu vaksinasi covid-19, sebagaimana diinformasikan  lewat medsos ditawarkan Rp70.000 per sertifikat.

Menurut Kasatreskrim, pencetakan sertifikat vaksinasi palsu itu di rumah Yulius NH di Desa Pandes, Kecamatan Wedi, Klaten. Dalam kasus pembuatan sertifikat vaksinasi covid-19 palsu, tersangka Yulius NH bertugas mencari pemesan sertifikat itu lewat media sosial. Sedangkan tugas tersangka Edy P, adalah khusus untuk membuat serta mencetak sertifikat vaksinasi palsu tersebut.

Tersangka mengaku dua kali mencetak sertifikat vaksinasi covid-19 palsu. Pertama, 23 Juli 2021, dan kedua, 28 Juli 2021.

Kedua tersangka Yulius NH, warga Wedi, dan Edy P, warga Karangnongko, Klaten, kini mendekam di sel tahanan Polres Klaten. "Mereka dijerat Pasal 263 ayat (1) KUHP, dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal enam tahun," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

DOK MI

Sulteng Perketat Pengawasan Lalu Lintas Ternak

👤M Taufan SP Bustan 🕔Jumat 01 Juli 2022, 20:36 WIB
PEMPROV Sulawesi Tengah (Sulteng), terus mengawasi lalu lintas hewan ternak yang masuk ke provinsi itu agar terbebas dari Penyakit Mulut...
MI/BENNY BASTIANDY

Desa Pasawahan Sulap Potensi Danau jadi Tempat Wisata

👤Benny Bastiandy 🕔Jumat 01 Juli 2022, 20:35 WIB
Sebelumnya wisata alam Cigunung Tugu masuk sebagai salah satu rencana induk pembangunan pariwisata di Kabupaten...
Dok. Kemenkominfo

Kemenkominfo dan Siberkreasi Latih Calon Agen Literasi Digital di Banda Aceh

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 20:35 WIB
Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada 2021 disebutkan bahwa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya