Rabu 11 Agustus 2021, 17:09 WIB

PUPR Bangun Enam Rusun untuk ASN Hingga Santri di Sumsel

Insi Nantika Jelita | Nusantara
PUPR Bangun Enam Rusun untuk ASN Hingga Santri di Sumsel

Antara
Ilustrasi pekerja menyelesaikan pembangunan rusun di wilayah Sumatera Selatan.

 

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun hunian layak berupa enam rumah susun (rusun) bagi santri, mahasiswa dan aparatur sipil negara (ASN) di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel). 

Adapun, total anggaran untuk pembangunan enam rusun tersebut mencapai Rp102,8 miliar. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut pembangunan rusun sebagai keseriusan pemerintah dalam penyediaan rumah layak huni bagi MBR, mahasiswa, pelajar, santri, ASN dan TNI/Polri, maupun petugas di daerah.

Enam rusun tersebut mencakup dua rusun untuk santri pondok pesantren (ponpes), satu rusun mahasiswa dan tiga rusun untuk ASN. Pembangunan rusun merupakan amanat Presiden Joko Widodo, untuk membantu MBR agar memiliki rumah layak huni.

Baca juga: PUPR Siapkan Tambahan RSD Covid-19 di 7 Kota

Kementerian berharap pembangunan rusun memberikan kontribusi nyata bagi santri dan mahasiswa dalam menimba ilmu. “Program pembangunan rusun tetap dilanjutkan bagi MBR, ASN, mahasiswa dan santri,” ujar Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam siaran pers, Rabu (11/8).

Dua rusun santri yang tengah dibangun di Sumsel, yakni Rusun Ponpes Sayyid Hanim Kabupaten OKU Timur sebanyak satu tower, dengan progres konstruksi sebesar 91,8%. Berikutnya, Rusun Ponpes Bait Al-Qur’an Kabupaten OKI sebanyak satu tower dan jumlah 32 unit, dengan progres konstruksi 57,6%.

Baca juga: Di Sumsel, Hanya Palembang Berlakukan PPKM Level 4

Selain rusun santri, Kementerian PUPR juga kembali membangun Rusun Universitas Sriwijaya (Unsri). Sebelumnya pada 2019, pemerintah telah menyelesaikan satu tower, yang terdiri dari empat lantai tipe 24 untuk 204 mahasiswa. Saat ini, Rusun Unsri dibangun satu tower dan 43 unit, dengan progres konstruksi sebesar 35,2%.

Tiga rusun lainnya yang dibangun di Sumsel pada 2021, yaitu Rusun ASN Pemkab OKU Timur di Kabupaten OKU Timur dan Rusun ASN Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII Kementerian PUPR di Kabupaten Banyuasin. Sedangkan, Rusun ASN Kejaksaan Tinggi Sumsel masih tahap proses lelang.(OL-11)

Baca Juga

MI/Wibowo Sangkala

Karang Taruna Banten Lirik Peluang Usaha

👤Wibowo Sangkala 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 22:00 WIB
Karang Taruna Banten berusaha menjadi akselerator dari sisi akses penunjang bagi kelancaran usaha para anggota Karang Taruna yang...
MI/CRI CANON RIA DEWI

Sinergi BUMN dan BUM-Des Percepat Pemulihan Ekonomi di Lampung

👤Cri Canon Ria Dewi 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 21:10 WIB
Pemprov Lampung terus membuat terobosan baru berupa program-program unggulan yang bersinergi dengan BUM-Des dan Desa...
MI/YOSE HENDRA

PT Pangansari Utama Saling Sinergi Kembangkan Nasi Padang Instan

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 21:08 WIB
Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat Efendi melihat peluncuran Nasi Padang Instan merupakan wujud implementasi masa depan pangan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya