Senin 28 Juni 2021, 20:17 WIB

Setiap Desa di Purwakarta Wajib Miliki Ruang Isolasi

Reza Sunarya | Nusantara
Setiap Desa di Purwakarta Wajib Miliki Ruang Isolasi

Antara
Ilustrasi

 

MASIH terjadinya peningkatan Kasus covid 19, Pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta mewajibkan setiap desa memiliki ruang isolasi untuk penanganan Covid-19 dan menyiapkan posko Satgas Covid tingkat desa serta memberlakukan PPKM Mikro hingga tingkat RW dan RT.

"Di Kabupaten Purwakarta ada 183 desa dan 9 kelurahan, seluruhnya diwajubkan menyiapkan ruang isolasi sesuai arahan dari pemerintah,’’ Kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Purwakarta Jaya Pranolo, Senin (28/6).

Menurut Jaya Pranolo, untuk ruang isolasi mandiri di setiap desa, pemerintah desa bisa menggunakan aula, atau menyewa rumah yang memadai untuk isolasi mandiri.

Dengan disiapkannya ruang isolasi di setiap desa, diharapkan bisa meminimalisasi overloadnya keterisian rumah sakit rujukan. Jaya Pranolo juga berpesan kepada para kepala desa, menguatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait isolasi mandiri ini.

Baca juga : Stok Obat dan Oksigen di RSUD Brebes Menipis

"Jadi, kalau yang gejalanya ringan jangan keukeuh ingin dirawat di rumah sakit. Sementara, bisa memanfaatkan ruang isolasi di desa masing-masing,’’ ungkap Jaya.

Jaya menyebutkan anggaran penyediaan ruang isolasi di desa-desa boleh bersumber dari dana desa tahun 2021.

"Setiap desa wajib mengganggarkan kegiatan pencegahan dan penanganan covid-19 salah satunya penyediaan ruang isolasi dan kegiatan PPKM mikro," Jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berpesan supaya para kepala desa bisa menguatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait isolasi mandiri. Jangan sampai, warga yang terkonfirmasi positif ingin isolasi mandiri namun sebelumnya tidak memerhatikan kondisi lingkungannya.

"Kalau memang kondisi ruangan di rumah atau lingkungannya memungkinkan ya silahkan. Tapi, lebih bagusnya arahkan untuk isolasi di tempat yang telah disiapkan pemerintah. Supaya terpantau. Harus ditekankan edukasinya, jangan sampai terjadi klaster keluarga," kata Kang Emil saat ke Purwakarta, belum lama ini. (OL-2)

 

Baca Juga

Ist

Maharani Kemala Foundation Gelar 2.000 Vaksinasi di Bali

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 12:30 WIB
Yayasan Maharani Kemala Foundation ditunjuk Staf Khusus Presiden untuk menyelengarakan 2.000 Vaksinasi untuk masyarakat umum dan penyandang...
Dok Polresta Palangka Raya

Polisi Sampaikan Pesan Prokes dan Bagi Masker Saat Operasi Yustisi

👤Surya Sriyanti 🕔Sabtu 18 September 2021, 11:59 WIB
Personel Polsek Pahandut menyampaikan imbauan kepada pengendara agar wajib menerapkan Protokol Kesehatan...
MI/Ardi Teristi

Objek Wisata di Kaliurang Perlu Dukungan Transportasi Umum

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Sabtu 18 September 2021, 07:19 WIB
Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menyampaikan pihaknya tengah mengkaji untuk menghidupkan kembali angkutan umum...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya