Rabu 23 Juni 2021, 10:07 WIB

Disiplin Prokes Kunci Kendalikan Penyebaran Covid-19 di Kalteng

Surya Sriyanti | Nusantara
Disiplin Prokes Kunci Kendalikan Penyebaran Covid-19 di Kalteng

dok.satgas covid-19 Kalteng
Data sebaran kasus positif Covid-19 di Kalimantan Tengah hingga Selasa (22/6/2021)

 

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengingatkan kembal bahwa disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan (prokes) mampu tekan penyebaran Covid-19.

Lantaran itu, Warga Kalteng diminta tidak bosan menerapkan prokes untuk mencegah penularan covid-19 di wilayah ini. Sebab saat ini  belum ada cara lain selain melakukan prokes dan mendorong percepatan vaksinasi.

"Hanya dengan cara disiplin prokes maka kita bisa terhindar dari penularan dan vaksinasi," tegas Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul ketika dihubungi, Rabu (23/6).

Kesabaran dan disiplin pelaksanaan prokes, jelas dia, sebagai ikstiar untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lonjakan kasus positif Covid-19, seperti di Pulau Jawa

"Karena apapun yang dilakukan pemerintah jika tidak didukung masyarakat itu akan sulit. Tidak mungkin polisi dan Satpol PP setiap saat menunggu atau merazia masyarakat yang tidak  melaksanakan protokol kesehatan. Harus ada kesadaran dari masyarakat," pesannya.

Disamping itu, pihaknya terus berupaya percepatan vaksinasi Covid-19. Namun tidak sepenuhnya dalam kontrol pemda, karena ketersediaan vaksin adalah dari pusat. Saat ini Kalteng baru mampu memvaksin setiap harinya antara 20 ribu -25 ribu dosis.

Prokes yang dimaksud, jelas dia, yakni 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Sementara dari rilis harian Covid-19 yang keluarkan Satgas Covid-19 Kalteng, per 22 Juni 2021, jumlah positif bertambah 135 orang hingga jumlah totalnya menjadi 24.507 orang.

Kemudian jumlah sembuh bertambah 79 orang dan jumlah totalnya menjadi 22.575 orang. Kasus meninggal dunia bertambah 3 orang dan totalnyamenjadi 652 orang. (OL-13)

Baca Juga: Kasus Covid-19 pada Anak Naik, DKI Perlu Ketatkan Mobilitas Orang Tua

 

Baca Juga

Ist

Sebanyak 77 Ribu Pelanggan di Babel Nikmati Stimulus Listrik

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 21:14 WIB
Sebanyak 77.055 pelanggan tersebut terdiri dari pelanggan rumah tangga subsidi daya 450 VA sebanyak 35.140 pelanggan dan rumah tangga...
dok/FMKI

Kaderisasi Nasional V FMKI, Kepala BMKG : Jadilah Pemimpin, bukan Bos

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 19:55 WIB
Seorang pemimpin harus visioner, mampu memberdayakan seluruh anggota...
 ANTARA/Seno

Pengamat Politik Menilai Tuduhan ke Moeldoko Harus Dilawan

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 19:50 WIB
Serangan yang dituduhkan kepada Moeldoko tersebut bukan lagi bernuansa hukum, karena tuduhannya diumbar di ruang publik tanpa menyajikan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya