Selasa 22 Juni 2021, 07:30 WIB

Sejumlah Ruko di Sleman Disiapkan untuk Karantina Pasien Covid-19

Ardi T Hardi | Nusantara
Sejumlah Ruko di Sleman Disiapkan untuk Karantina Pasien Covid-19

MI/Ardi T Hardi
Ketua Komisi A DPRD Sleman mengecek kesiapan tempat karantina di Kalurahan Sariharjo, Kapanewon Ngaglik, Sleman, Senin (21/6)

 

KETUA Komisi A DPRD Sleman mengecek kesiapan tempat karantina di Kalurahan Sariharjo, Kapanewon Ngaglik, Sleman. Salah satu tempat karantina tersebut adalah sebuah ruko di Jalan Palagan, Sleman.

"Tempat ini butuh dibersihkan dan dicat agar layak digunakan untuk tempat karantina," kata legislator dari PKB saat meninjau ruko tersebut, Senin (21/6). Ia pun berharap pemerintahan Kalurahan Sariharjo bisa segera menyiapkan tempat karantina tersebut maksimal dalam waktu satu minggu.

Dari sisi fasilitas, lanjut dia, ruko tersebut cocok digunakan untuk karantina satu keluarga karena memiliki ruang utama, kamar mandi, dapur, dan halaman belakang untuk berjemur. Selain itu, lokasinya juga strategis karena berada di pinggir jalan besar.

Jika terjadi keadaan darurat, ambulans bisa cepat mengakses ruko ini dan mengantar pasien ke rumah sakit. Namun, lanjut dia, pengawas karantina di sini sangat diperlukan agar jangan sampai yang diisolasi malah jalan-jalan keluar dari tempat karantina.

Ia menyebut, tempat karantina ini menindaklanjuti instruksi Bupati Sleman terkait penyediaan tempat-tempat karantina bagi pasien Covid-19 yang bergejala ringan di setiap kalurahan. "Shelter semacam ini wajib disiapkan di semua kalurahan di Kabupaten Sleman," kata dia.

Ia mendorong, Bupati Sleman segera membuat Surat Edaran terkait standar prosedur operasional yang benar pembuatan shelter-shelter tersebut. Pasalnya, shelter karantina yang disiapkan tidak hanya dalam wujud bangunan, tetapi juga termasuk penjagaan, sistem pengelolaan, hingga dukungan logistiknya.

"Banyaknya shelter (di setiap kalurahan) tergantung kemampuan Pak Lurah dalam bernegosiasi dengan pemilik bangunan (di wilayahnya untuk dijadikan tempat karantina)," kata dia. Di Kalurahan Sariharjo, misalnya, sebanyak 16 ruko disiapkan untuk tempat karantina. Di kalurahan lain yang tidak terdapat ruko, lurah bisa melobi pemilik bangunan yang asetnya tidak sedang digunakan untuk dijadikan tempat karantina.

Terkait anggarannya penyiapan shelter, pihak Kalurahan bisa menggunakan 8 persen dari dana desa. Selain itu, pihaknya akan mendorong Dinas Pemberdayaan Kalurahan bersama OPD terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Sleman bisa mencarikan solusi terkait pemenuhan kebutuhan di shelter.

Dalam kesempatan tersebut, Ani juga meminta pemerintah kelurahan merancang skenario agar kegiatan sosial masyarakat tidak menimbulkan kerumunan, termasuk acara pernikahan atau kematian. Misalnya, tamu hanya datang menyampaikan ucapan kemudian langsung pulang.

"Itu (skenario kegiatan masyarakat) perlu dilakukan karena angka Covid semakin naik, yang (salah satunya) dipicu oleh kegiatan masyarakat," kata dia yang baru saja selesai rapat dengan berbagai pemangku kepentingan terkait penanganan Covid-19 di Kapanewon Ngaglik, Sleman.

Panewu Ngaglik, Subagya menyampaikan, pihaknya sudah meminta setiap kelurahan untuk menyiapkan shelter bagi pasien Covid-19. "Shelter-shelter tersebut disiapkan untuk mengantisipasi apabila shelter-shelter yang disiapkan oleh kabupaten (di Rusunawa dan Asrama Haji) tidak mencukupi," kata dia.

Ia menyebut, semua kalurahan di Kapanewon Ngaglik sudah menyiapkan shelter-shelter. Pihaknya tinggal mengecek dan melihat hal-hal yang harus dilengkapi dari shelter-shelter tersebut. (OL-13)

Baca Juga: Tokoh Adat Kabupaten Jayapura Dukung Otsus Dilanjutkan dan DOB

 

Baca Juga

Dok Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Bima Arya: Perlu Kolaborasi dan Peran Aktif untuk Bantu Warga

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 02:00 WIB
Bima Arya mengajak warga Kota Bogor dan semua pihak, untuk bersama-sama berikhtiar melakukan apa yang dapat dilakukan untuk meringankan...
ANTARA/Fikri Ali

Pemprov Gorontalo Dorong Petani Budidayakan Porang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Juli 2021, 22:15 WIB
 Jenis tanaman umbi sebagai sumber karbohidrat dan energi yang sehat pengganti...
AFP/Nhac Nguyen.

Sumsel Terima Vaksin Moderna untuk Vaksinasi Ketiga Tenaga Kesehatan

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 29 Juli 2021, 21:44 WIB
Menurutnya, tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien covid-19 membutuhkan imunitas yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya