Kamis 10 Juni 2021, 15:40 WIB

Pemkot Tasikmalaya Siapkan Karantina Bagi PMI

Kristiadi | Nusantara
Pemkot Tasikmalaya Siapkan Karantina Bagi PMI

DOK MetroTV
Ilustrasi pekerja migran yang menjalani karantina.

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Tasikmalaya, Jawa Barat berencana menyiapkan ruang karantina bagi para pekerja migran Indonesia (PMI) yang kembali ke kampung halaman. PMI yang datang akan menjalani pemeriksaan kesehatan dengan cara melakukan rapid tes antigen guna mencegah kemungkinan penyebaran Covid-19.

"Kami akan menyambut mereka tetapi semua harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan petugas kesehatan harus berupaya melakukan penelusuran dengan berkoordinasi RT, RW, Kelurahan, Camat dan Satuan Satgas Covid-19. Langkah tersebut supaya tidak ada klaster keluarga yang dapat mengakibatkan lonjakan kasus," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Diksan, Kamis (10/6).

Ia meminta pihak kecamatan hingga tingkat RT/RW, proaktif melaporkan jika adanya pekerja yang pulang. Langkah itu diperlukan agar tidak menimbulkan kecurigaan dari masyarakat. 

"Kami akan menyiapkan ruang karantina bagi PMI jika ada yang reaktif. Petugas harus selalu melakukan langkah dengan berkoordinasi antarpetugas lainnya agar tindakan cepat bisa dilakukan terhadap mereka," ujarnya.

Penyediaan karantina untuk para PMI yang baru datang juga dilakukan Pemkab Pangandaran. "Pangandaran selama ini sudah melakukan langkah antisipasi penyebaran virus korona terutamanya bagi warga pendatang," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran, Kustiana. (OL-15)

Baca Juga

Ist

Pemkab Bogor Ubah Area Bekas Tempat Sampah Jadi Hutan Kota

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 23:45 WIB
Pemkab Bogor dan Korindo Group melalui Yayasan Korindo akan membangun hutan kota di lahan bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pondok Rajeg,...
MI/Dwi Apriani

Pemprov Sumsel Aktifkan Kembali Satgas Peningkatan Disiplin Covid

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 23:13 WIB
Menurut Aris, untuk sekolah tatap muka ini perlu dipersiapkan dengan baik. Sebab kalau salah bisa jadi klaster...
MI/Widjajadi

Menteri PUPR Pastikan Pintu Air Demangan Bebaskan Solo dari Banjir

👤Widjajadi 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 23:04 WIB
Menteri Basuki memaparkan bahwa Pintu Air Demangan punya fungsi pokok pengendali...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Antara Ambisi Nyapres dan Pandemi

Elektabilitas kepala daerah akan meningkat dengan sendirinya apabila mereka mampu menunjukkan kinerja dan prestasi dalam mengendalikan pandemi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya