Kamis 10 Juni 2021, 13:39 WIB

Pemkab Malang Garap Desa Stunting dan Rawan Pangan Bersamaan

Bagus Suryo | Nusantara
Pemkab Malang Garap Desa Stunting dan Rawan Pangan Bersamaan

MI/Bagus Suryo
Kepala Seksi Ketersediaan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang Renny Kusumawati menunjukkan peta dan data desa rawan pangan

 

PEMERINTAH Kabupaten Malang, Jawa Timur, bakal menuntaskan tujuh desa rawan pangan dan desa stunting bersamaan tahun ini. Kepala Seksi Ketersediaan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang Renny Kusumawati mengatakan sesuai data Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang ada 50 desa stunting dan 87 desa rawan pangan.

Problematika desa itu dikawinkan, lalu muncul 7 desa yang masuk rawan pangan dan stunting sesuai indikator di Dinas Kesehatan dan Dinas Ketahanan Pangan. Tujuh desa itu tersebar di Kecamatan Ngajum, Pujon, Lawang, Singosari dan Dampit. "Tujuh desa itu justru masuk prioritas tiga atau desa perkotaan," tegas Renny Kusumawati, Kamis (10/6).

Ia menjelaskan problematika desa rawan pangan tersebut harus segera dituntaskan agar naik level menjadi desa mandiri. Sesuai prioritas yang harus ditangani, lanjutnya, desa rentan pangan ada 87 desa atau 22,3% dari total 378 desa dan 12 kelurahan.

Baca Juga: Pakar Gizi : Produksi dan Konsumsi Susu Berkualitas Cegah Stunting

Sedangkan indikator rasio lahan di sejumlah desa rentan itu sekitar 21,03%, rasio sarana prasarana pangan 15,38%, rasio penduduk miskin 19,49%, rasio rumah tangga tanpa air bersih 14,62% dan rasio jumlah tenaga kesehatan 20,77%.

Saat ini ia sedang mengerjakan peta ketahanan pangan dan dan pemutakhiran data termasuk sinergi program pembangunan lintas satuan 
kerja perangkat daerah. Setelah proses itu selesai baru disahkan melalui peraturan bupati malang.

"Program penuntasan desa rawan pangan dan desa stunting harus dikerjakan bersama agar penanganannya lebih cepat," ujarnya.

Nantinya, penanganan dan pelaksanaan program dengan titik nolnya 87 desa  atau 22,3% sejak 2018-2024 sampai akhirnya tinggal 15%.(BN/OL-10)
 

Baca Juga

dok.mi

Bandung Raya Siaga 1 Covid, Menko Muhajir Minta Warga Disiplin Prokes

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 17 Juni 2021, 10:12 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy meminta masyarakat Jabar, khususnya yang berada di wilayah Bandung Raya, untuk lebih disiplin dalam pelaksanaan...
MI/Andri W

Sejumlah Jalan di Bandung Dibuka-Tutup Imbas Kasus Covid-19 Naik

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 17 Juni 2021, 08:40 WIB
KAPOLRESTABES Bandung, Jawa Barat, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan pihaknya mulai memperketat lagi skema buka-tutup sejumlah...
AFP/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 92 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 17 Juni 2021, 07:16 WIB
Penambahan 92 kasus positif baru itu berasal dari 24 kecamatan di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghitung Ancaman Megathrust Pesisir Selatan Jatim

Analisis mengenai potensi gempa dan tsunami harus dijadikan pengingat untuk memperkuat mitigasi kegempaan dan tsunami di wilayah Jawa Timur.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya