Sabtu 29 Mei 2021, 10:45 WIB

Truk Terguling, Jalur Selatan Tasikmalaya-Bandung Macet Panjang

Kristiadi | Nusantara
Truk Terguling, Jalur Selatan Tasikmalaya-Bandung Macet Panjang

MI/KRISTIADI
Truk pengangkut kayu terguling di Tanjakan Gentong menyebabkan kemacetan panjang dari dua arah

 

TASIKMALAYA (Media): Sebuah truk nomor polisi Z 9213 YA bermuatan kayu terguling di Tanjakan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (29/5) pagi. Kejadian itu mengakibatkan jalur selatan Jawa yang menghubungkan Tasikmalaya menuju Bandung macet total sepanjang 5 kilometer.

Saat kejadian, truk dikemudikan Hendrayana, warga Kota Sukabumi. Selain menyebabkan antrean mengular di jalur Tasikmalaya-Bandung, kemacetan serupa juga terjadi di jalur berlawanan Bandung-Tasikmalaya.

Petugas Polsek Kadipaten dan Polresta Tasikmalaya pun menerapkan kebijakan buka tutup untuk kendaraan dari dua jalur. Petugas juga berusaha mengangkut kayu yang berserakan dan membersihkan badan jalan.

Kepala Unit Lalu Lintas Polsek Kadipaten Inspektur Satu Edi Suprayitno mengatakan, peristiwa terjadi pada pukul 05.30 WIB. Truk pengangkut kayu datang dari arah Banjar menuju Bandung.

Saat berada di lokasi, truk diduga tidak kuat menahan beban di jalan menanjak. Akibatnya, truk mundur dan terguling.

"Kondisi jalan licin dan truk pengangkut kayu tidak kuat menahan beban. Kendaraan mundur hingga terguling. Kejadian tersebut, menyebabkan sebagian besar jalan tertutup kayu dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan satu arah. Anggota terus berupaya mengurai kemacetan dengan sistem tutup buka dilakukan secara bergantian," lanjutnya.

Truk yang terguling juga menyebabkan jalan licin, akibat tumpahan solar dari kendaraan tersebut.

Evakuasi tengah dilakukan dengan mengerahkan beberapa kendaraan derek. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu. (N-2)

 

Baca Juga

Antara/Zabur Karuru.

Gunung Semeru Erupsi, PVMBG Imbau Masyarakat Hindari Area Ini

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 18:01 WIB
Semburan awan panas dengan intensitas yang kecil terjadi sejak Jumat (3/12). Guguran lava tersebut memiliki jarak luncur 500-800 meter...
Solmi Suhar

BNPB Minta Pemda Siapsiaga Hadapi Puncak Musim Hujan dan La Nina

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 17:55 WIB
Mulai dari level provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga kelurahan harus mengambil aksi untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi...
Antara/Jojon.

Sultra dan Konawe Utara Kembangkan Wisata Pulau Labengki

👤Halim agil 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 17:45 WIB
Untuk bisa mencapai Pulau Labengki, wisatawan bisa mengambil jalur melalui pelabuhan Kota Kendari, Tanasa, Kabupaten Konawe, atau Lasolo,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya