Minggu 09 Mei 2021, 14:46 WIB

Harga Terkendali Pemda Temanggung Belum Perlu Pasar Murah

Tosiani | Nusantara
Harga Terkendali Pemda Temanggung Belum Perlu Pasar Murah

Antara
Pasar Tradisional Ngadirejo, Temanggung.

 

HINGGA Minggu (9/5) harga sejumlah barang kebutuhan pokok di Temanggung, Jawa Tengah terpantau stabil. Karenanya tahun ini Pemerintah Daerah (Pemda) setempat merasa tidak perlu menggelar Operasi Pasar (OP) maupun Pasar Murah seperti yang biasa dilakukan menjelang Perayaan Idul Fitri.

"Nggak ada kenaikan yang signifikan. Harga masih pada posisi normal,"ujar Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Temanggung Sri Haryanto, Minggu (9/5).

Dari pantauan Diaperindagkop dan UKM, menurut Sri Haryanto, sedikit kenaikan harga hanya terjadi pada komoditas minyak goreng. Itupun kenaikannya sudah berlangsung sejak dua bulan terakhir sebesar Rp 2 ribu per liter. Komoditas lainnya yang sempat mengalami sedikit kenaikan adalah daging ayam.

"Namun kenaikannya masih batas wajar. Daging ayampun malah sekarang sudah mulai turun lagi,"kata Sri Haryanto.

Sri Haryanto mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya tiap menjelang lebaran memang biasanya muncul fenomena kenaikan harga bahan pokok. Kenaikan paling significant terutama pada H-1. Akan tetapi menjelang lebaran tahun ini malah terlihat trend harga yang stabil kemudian turun. Atas kondisi tersebut, Pemda merasa tidak perlu menggelar pasar murah dan operasi pasar.

"Enggak terlalu terpengaruh, wong turun ke normal malah. Ojo mundaklah (jangan naiklah) kasian masyarakat. Boleh to lebaran tidak naik, kalo naik dikit ya wajar, jadi belum perlu ada operasi pasar," pungkas Sri Haryanto. (OL-13)

Baca Juga: Tercatat 245 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

 

Baca Juga

Ilustrasi

DIY Siapkan Rp22,6 miliar untuk 392 Kelurahan

👤Ardi T 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 21:00 WIB
Pemerintah Daerah Istimewa Yohyakarta (DIY) siapkan Dana Keistimewaan atau Danais Rp 22.6 miliar yang akan dialokasikan untuk 392 kelurahan...
MI/Ruta Suryana

Gratis, 1000 Nasi Bungkus per Hari di Kota Denpasar

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 20:38 WIB
"Karena ada PPKM level 4 dan kasyarakat sangat membutuhkan bantuan maka kami aktifkan lagi dapur umum ini," kata Wali Kota, Jaya...
ANTARA

Rumah Sehat di Surabaya Dimanfaatkan buat Isoman

👤Faishol Taselan 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 14:52 WIB
saat ini setidaknya ada 6 rumah sehat yang sudah mulai dimanfaatkan oleh warga. Salah satunya berada di SDN Tambaksari III dan SMPN 29...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya