Kamis 06 Mei 2021, 09:21 WIB

Kasus Covid-19 di Klaten Kembali Naik

Djoko Sardjono | Nusantara
Kasus Covid-19 di Klaten Kembali Naik

MI/Djoko Sardjono
Kasus covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, Rabu (5/5/2021), dilaporkan naik lagi dengan penambahan 78 orang positif

 

KASUS covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, Rabu (5/5), dilaporkan naik lagi. Kali ini, terdapat kasus aktif 78 orang. Di sisi lain, sebanyak 45 pasien dinyatakan sembuh dan empat orang meninggal  dunia. Sementara itu, akumulasi kasus positif covid-19 hingga kini mencapai 7.874 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 7.076 orang sembuh, 281 menjalani perawatan/isolasi mandiri, dan 517 meninggal dunia.

"Ya, kali ini ada penambahan 78 kasus positif dan pasien sembuh 45 orang. Adapun empat yang meninggal, dua terkonfirmasi positif dan lainnya pasien dalam perawatan,â€? kata Koordinator Penanganan Kesehatan  Satgas Covid-19, Cahyono Widodo, Rabu (5/5).

Menurut Cahyono, dari penambahan 78 kasus aktif covid-19, sebanyak 41 orang kontak erat kasus positif sebelumnya, tujuh tertular saat berada di luar daerah, dan 30 orang lainnya terpapar di Klaten. Kali ini, penambahan kasus terkonfirmasi positif berasal dari 22 wilayah kecamatan. Dan, penyumbang terbanyak kasus aktif ini adalah Kecamatan Jogonalan dan Juwiring, masing-masing 11 orang.

Di sisi lain, Cahyono menjelaskan pasien positif 45 orang yang dinyatakan sudah sembuh, sebelumnya mereka menjalani perawatan intensif di rumah sakit dan isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis.

"Sekalipun dinyatakan sudah sembuh, mereka tetap diharuskan untuk melakukan isolasi di rumah minimal selama tujuh hari. Dengan begitu, pasien covid-19 yang baru sembuh itu bisa benar-benar sehat," imbuhnya.

baca juga: Kasus covid-19

Kemudian, empat orang yang dilaporkan meninggal dunia, dua warga Kecamatan Ceper dan Karangdowo terkonfirmasi positif, dan dua orang lainnya warga Jatinom dan Polanharjo yang meninggal dalam perawatan.Kasus covid-19 di Klaten fluktuatif. Karena itu, masyarakat diimbau untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, kurangi mobilitas, dan hindari kerumunan. (OL-3)

 

 

Baca Juga

MI/Gabriel Langga.

Bupati Sikka Langsung Tutup Empat Kelab Malam Eksploitasi Anak

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 18 Juni 2021, 21:24 WIB
Kasus eksploitasi anak itu sedang ditangani oleh Polda...
Antara/Adwit B Pramono.

Sekolah di Sulawesi Utara Siap Tatap Muka pada Juli

👤M Taufan SP Bustan 🕔Jumat 18 Juni 2021, 21:14 WIB
Karena tidak ada klaster sekolah, pemerintah di Sulawesi Utara yakin PTM yang akan direncanakan Juli mendatang bisa...
Ilustrasi

Diduga Rusak Citra Partai, Mahasiswa Desak AHY Pecat Kader Demokrat di Riau

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 18 Juni 2021, 21:13 WIB
Wajah Demokrat di Riau harus dibersihkan dengan memecat kader tidak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Haru Biru King Christian

Di timnas Denmark, sosok berjuluk ‘King Christian’ telah menjadi sosok kunci sejak penampilan pertamanya pada 2010, membuat 109 penampilan dan mencetak 36 gol.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya