Selasa 04 Mei 2021, 14:40 WIB

75% Sekolah di Makassar Siap Tatap Muka

Lina Herlina | Nusantara
75% Sekolah di Makassar Siap Tatap Muka

ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin
Ujicoba sekolah tatap muka

 

PELAKSANA tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Nielma Palamba, mengatakan masih mengkaji kesiapan sekolah untuk menggelar sekolah tatap muka. Salah satu persiapannya adalah sekolah harus mengajukan permohonan ke Dinas Pendidikan terlebih dahulu.

Termasuk, dari Dinas Pendidikan Kota Makassar, akan memeriksa secara langsung sekolah yang menyatakan kesiapan belajar tatap muka sebelum diizinkan.

"Jadi harus ajukan permohonan, kalau memang siap dengan persyaratannya. Setelah diajukan, kita turun, misalnya 'wah ini gak benar' atau ada yang semangat sekali ternyata sarana cuci tangannya tidak memadai, maka tentu dipertimbangkan untuk tidak tatap muka," kata Nielma.

Meski demikian, kesiapan sekolah tatap muka, juga bergantung pada landainya kasus covid-19 dan vaksinasi guru. "Tapi sebelum sekolah tatap muka dimulai, akan ada sekolah yang menjadi percontohan atau semacam uji coba," lanjut Nielma, Selasa (4/5).

Baca juga: Universitas Brawijaya Pastikan Gelar Kuliah Luring

Dia juga menyebutkan, di Kota Makassar ada 241 sekolah dasar (SD) dan 55 sekolah menengah pertama (SMP). Dari sekolah itu, dia menyebut sebanyak 75 persen telah mengajukan kesiapan sekolah tatap muka.

"Kita akan buat mungkin pilot project setiap kecamatan karena tidak semua. Satu setiap kecamatan. Karena kondisi di setiap sekolah kan beda-beda infrastrukturnya," seru Nielma.

Nielma menjelaskan pelaksanaan sekolah tatap muka akan menerapkan protokol kesehatan ketat. Di antaranya, sekolah wajib menyediakan cuci tangan atau hand sanitizer. Siswa juga wajib memakai masker di lingkungan sekolah.

"Nanti juga di kelas hanya setengah, hanya 50 persen. Dibatasi jamnya hanya 2 jam, Dan untuk menjamin kesehatan siswa, pemkot berencana menyediakan tes antigen bagi siswa, sebelum uji coba sekolah tatap muka," tutup Nielma. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Polda DIY Waspadai Penyalahgunaan Mobil Ambulans Untuk Mudik

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 06 Mei 2021, 10:30 WIB
Petugas yang berada di pos penyekatan baik yang ada di jalur-jalur  utama masuk DIY maupun jalur alternatif, diminta mewaspadai...
Humas Polda Kalteng

Kalteng Dirikan 4 Posko Penyekat Antarprovinsi

👤Surya Sriyanti 🕔Kamis 06 Mei 2021, 10:23 WIB
Polda Kalteng telah mendirikan empat Posko  Penyekatan antar provinsi yang berada di Kabupaten Kapuas, Barito Timur, Lamandau dan...
MI/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 di Klaten Kembali Naik

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 06 Mei 2021, 09:21 WIB
Kasus covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, Rabu (5/5), dilaporkan naik lagi. Kali ini, terdapat kasus aktif 78...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya