Selasa 04 Mei 2021, 08:37 WIB

Kasus Aktif Covid-19 di Klaten Turun, Pasien Sembuh Meningkat

Djoko Sardjono | Nusantara
Kasus Aktif Covid-19 di Klaten Turun, Pasien Sembuh Meningkat

MI/Djoko Sardjono
Kasus aktif covid-19 di Klaten turun menjadi tiga dari enam orang hari sebelumnya. Sedangkan kasus sembuh naik.

 

KASUS covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, menunjukkan tren penurunan, Senin  (3/5). Kali ini kasus aktif turun menjadi tiga dari enam orang hari sebelumnya. Sementara angka kesembuhan pasien meningkat dari 33 menjadi 61 orang. Koordinator Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan penambahan tiga kasus positif itu berasal dari wilayah Kecamatan Manisrenggo, Klaten Selatan, dan Klaten Tengah.

"Dari penambahan tiga kasus terkonfirmasi positif tersebut, satu orang di antaranya tertular dalam perjalanan di luar daerah, dan dua orang  lainnya terpapar saat melakukan aktivitas sehari-hari di Klaten," imbuhnya.

Di sisi lain, penambahan pasien sembuh sebanyak 61 orang adalah pasien dari 12 wilayah kecamatan di Klaten. Mereka sebelumnya menjalani perawatan intensif di rumah sakit dan isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis. Menurut Cahyono, sekalipun dinyatakan sudah sembuh, mereka tetap diharuskan untuk isolasi di rumah minimal selama tujuh hari. Dengan begitu, diharapkan pasien yang baru sembuh itu bisa benar-benar kembali sehat.

"Kasus aktif terkonfirmasi covid-19, Senin (3/5), menunjukkan tren penurunan. Namun, angka kesembuhan pasien meningkat. Nah, untuk menekan kasus positif masyarakat diminta disiplin menaati protokol kesehatan," kata Cahyono.

baca juga: Kasus Covid-19

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Klaten melaporkan akumulasi kasus terkonfirmasi positif hingga kini mencapai 7.779 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 7.000 orang sembuh, 267 menjalani perawatan, dan 512 meninggal dunia.

Untuk pencegahan penularan covid-19, Cahyono mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak, kurangi mobilitas, hindari kerumunan, dan cuci tangan pakai sabun di air mengalir. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/widjajadi

Gibran Sapa Warga Usai Salat Id di Pendopo Balai Kota Solo

👤Widjajadi 🕔Kamis 13 Mei 2021, 10:40 WIB
Usai pelaksanaan salat Id, Wali Kota Gibran menghampri satu persatu jamaah salat dan menyampaikan ucapan selamat Idul...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Pemudik di Kota Yogyakarta Tercatat 225 Orang

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 13 Mei 2021, 10:40 WIB
Mereka, sebagian besar, melakukan isolasi di rumah dan sebagian lagi isolasi di hotel. Mereka sebagian besar membawa surat jalan dan surat...
MI/Widjajadi

Takbir Keliling Terjadi di Kawasan Dalam Benteng Keraton Surakarta

👤Widjajadi 🕔Kamis 13 Mei 2021, 00:06 WIB
Usai salat tarawih, Rabu (12/5), jemaah masjid di kawasan permukiman Baluwarti yang berada di dalam benteng Keraton Surakarta melakukan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya