Jumat 23 April 2021, 13:57 WIB

Merapi Semburkan Awan Panas Sejauh 2 Kilometer

Atalya Puspa | Nusantara
Merapi Semburkan Awan Panas Sejauh 2 Kilometer

Agung Supriyanto / AFP
Aktivitas vulkanik Gunung Merapi, hari ini.

 

GUNUNG Merapi kembali muntahkan awan panas guguran (APG) dengan jarak luncur sejauh 2.000 meter ke arah barat daya, Jumat (23/4) pukul 11.20 WIB.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan bahwa selain awan panas guguran, Merapi juga mengeluarkan kolom abu vulkanik setinggi 300 meter dari atas puncaknya.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengungkapkan, hujan abu vulkanik juga dilaporkan terjadi di wilayah Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, sesaat setelah Merapi mengeluarkan kolom abu dan angin bertiup ke arah timur.

“Laporan terjadi hujan abu di Cepogo pukul 11.30 WIB,” jelas Raditya dalam keterangan resmi, Jumat (23/4).

Berdasarkan laporan hasil pengamatan sementara oleh Tim BPPTKG, aktivitas vulkanik Gunung Merapi tersebut tercatat di seismogram dengan amplitudo 55 milimeter dan durasi 145 detik. Sementara itu, status Gunung Merapi masih tetap berada pada level III atau ‘Siaga’.

Baca juga: Pagi Ini, Gunung Merapi Luncurkan Tiga Kali Awan Panas

Dengan melihat adanya laporan perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Merapi, kata Raditya, masyarakat diimbau agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya sejauh 5 kilometer dari puncak.

Masyarakat juga diimbau agar mewaspadai bahaya lahar dingin terutama saat terjadi hujan di seputar puncak Gunung Merapi.

"Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah terdampak abu vulkanik diharapkan tidak melakukan aktivitas di luar rumah dan selalu menggunakan masker untuk mengurangi dampak yang dapat ditimbulkan," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

SKI: Usut Pemicu Terjadinya Korban Jiwa dalam Tragedi Kanjuruhan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 09:18 WIB
SKI mendorong agar pemerintah melakukan pengusutan yang transparan dan tuntas mengenai penyebab terjadinya korban jiwa yang besar dalam...
MI/HO

Saga Esports Gelar Turnamen PUBGM di Kabupaten Belitung

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 09:03 WIB
Turnamen PUBG Mobile Saga Esports sudah memasuki minggu ke-18. Hal itu membuktikan bahwa Sahabat Ganjar konsisten memberikan wadah kepada...
MI/Adi Kristiadi

Puluhan Ekor Kucing Ditemukan Mati Dimutilasi di Pasar Cikurubuk dan Indihiang

👤Adi Kristiadi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 08:45 WIB
PULUHAN ekor kucing ditemukan mati dalam kondisi mengenaskan di Pasar Cikurubuk dan Indihiang, Kota Tasikmalaya. Diduga pelakunya psikopat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya