Rabu 07 April 2021, 13:10 WIB

UNS Mulai Kuliah Tatap Muka, Mahasiswa Bebas Memilih

Widjajadi | Nusantara
UNS Mulai Kuliah Tatap Muka, Mahasiswa Bebas Memilih

MI/Widjajadi
Kuliah tatap muka di Universitas Sebelas Maret, Solo.

 

UNIVERSITAS Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, sudah memulai perkuliahan tatap muka. Namun, mereka  memberikan pilihan para mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan tatap muka (PTM) di kampus atau tetap jarak jauh.

PTM dibuka secara bergilir, dan dimulai pada Minggu pertama bulan April ini di tiga fakultas, yakni Hukum, Keolahragaan dan Kedokteran.

" Tidak wajib ya. Tapi kita yang selama masa  pandemi covid-19 sejak Maret 2020 tidak melakukan PTM, hari ini, mulai April ini, diujicobakan secara bergilir. Ini pilihan. Bagi mahasiswa yang mengikuti PTM pada semester genap ini, maka selain harus menunjukkan hasil tes cepat antigen atau GeNose, juga harus mendapat izin dari orangtua ," tegas Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho, Rabu ( 7/4).

Menurut dia, kuliah tatap muka dilaksanakan secara ketat sesuai protokol kesehatan covid-19. Sebelumnya, ruang kelas, ruang praktikum yang akan dipakai PTM, disemprot disinfektan. Peserta PTM juga dibatasi hanya 25% dari jumlah mahasiswa di setiap fakultas.

"Kalau di FH ini ada 100 mahasiswa dan dilaksanakan di dua kelas, maka hanya 50 yang mengikuti. Jadi tiap kelas diikuti 25 mahasiswa. Tadi tiap kelas ada 14 sampai 20 mahasiswa ya. Ini memang pilihan, yang ingin kuliah dari ya diberi dan diatur secara daring oleh kampus," imbuh Jamal.

Yang jelas, lanjut dia, untuk kelancaran pelaksanaan kuliah tatap muka, sudah ratusan dosen dan pimpinan universitas sudah mengikuti vaksinasi covid-19. " Para pimpinan, mulai dari rektor dan wakil rektor, pimpinan prodi, dewan profesor dan juga dosen usia di atas 60 tahun sudah didahulukan mengikuti vaksinasi," tambah rektor.

UNS memang berharap ada percepatan vaksinasi untuk seluruh tenaga dosen dan staf, agar PTM bisa dilaksanakan secara menyeluruh. Namun karena keterbatasan vaksin, pelaksanaannya dilakukan secara bertahap. Setidaknya sudah lebih dari 700 dosen, pimpinan universitas yang sudah menerima suntikan vaksin.

Uji coba PTM di UNS digilir tiap minggu. Pada minggu pertama April dilaksanakan oleh Fakultas Hukum, Keolahragaan dan Kedokteran. Lalu Minggu II dilaksanakan oleh FP, FIB dan Fisip, Minggu ketiga FKIP, FEB dan FMipa, dan Minggu IV dilaksanakan oleh Fakuktas Teknik, FSRD dan FKIP.

"Tapi khusus fakultas sekolah vokasi dilakukan sejak minggu pertama hingga minggu terakhir," tambah Jamal.

Salah seorang mahasiswi FH angkatan kuliah 2020, Nurul menyatakan ada aura yang luar biasa bisa mengikuti PTM. " Sungguh rasanya beda banget dengan kukiah daring. Saya suka sekali bisa ikut dan bertemu dosen serta teman teman sejak ditutupnya PTM karena pandemi covid-19," katanya. (N-3)

Baca Juga

Dok. Korlantas Polri

Kakorlantas Polri Cek Kesiapan Penyekatan Mudik di Sumatra

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 23 April 2021, 02:06 WIB
Istiono menekankan pentingnya pendekatan humanis dalam mengelola peniadaan...
DOK IST

Program CSR SiCepat Bantu Renovasi Sekolah

👤Gana Buana 🕔Kamis 22 April 2021, 23:26 WIB
Gedung sekolah awalnya dalam kondisi yang tidak...
MI/Alexander P. Taum

Target 4 Bulan Bangun 700 Unit Rumah Relokasi di Lembata

👤Alexander P. Taum 🕔Kamis 22 April 2021, 22:02 WIB
SEBANYAK 700 unit rumah bagi korban bencana banjir bandang segera dibangun di lahan Waesesa, Kecamatan Ile Ape, kabupeten Lembata, Nusa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perburuan Gelar belum Usai

 Ancaman diskualifikasi dihindari karena tim yang tersisa urung ikut Liga Super Eropa

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya