Minggu 04 April 2021, 07:36 WIB

Ratusan Peserta Terserang Covid -19, MTQ Kalsel Ditunda

Denny Susanto | Nusantara
Ratusan Peserta Terserang Covid -19, MTQ Kalsel Ditunda

Medcom.id
Ilustrasi covid-19

 

PENYELENGGARAAN Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke XXXIII di Kabupaten Tanah Bumbu terpaksa ditunda menyusul temuan serangan covid -19 (virus korona) terhadap peserta dari sejumlah daerah. Keputusan penundaan pelaksanaan MTQ ke 33 yang sedianya dijadwalkan berlangsung 3-8 April 2021 di Kabupaten Tanah Bumbu ini disampaikan Pj Gubernur Kalsel, Safrizal, Sabtu (3/4).

"Pelaksanaan MTQ 2021 harus ditunda karena dikhawatirkan dapat berpotensi penyebaran covid-19. Keputusan ini berat tapi itu harus dilakukan pemerintah dan panitia pelaksana," ujarnya.

Selanjutnya pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kalsel ini akan diselenggarakan secara virtual. Namun masih akan dikoordinasikan dengan pihak  LPTQ untuk menyusun tata cara lomba secara virtual secara virtual dari kabupaten kota masing-masing.

Diakui Safrizal sebelumnya banyak kalangan yang meminta agar pemerintah menunda penyelenggaraan MTQ karena ancaman pandemi covid -19. Terlebih kondisi pandemi covid -19 di Kalsel semakin parah. Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar mengatakan, penundaan MTQ menjadi keputusan terbaik karena berdasarkan hasil test sebagian peserta positif covid -19. 

"Even MTQ nantinya pasti akan dihadiri banyak masyarakat dan ini berpotensi terjadi penyebaran virus," ungkap Zairullah, Minggu (4/4).

baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 35 Orang, 51 Sembuh 

Berdasarkan hasil test swab PCR dari 1.168 kafilah peserta MTQ dari 13 kabupaten/kota sebanyak 170 orang dinyatakan positif covid -19. 

"Peserta MTQ yang hasilnya negatif akan dipulangkan ke daerah masing-masing dan bagi yang positif ada 170 orang (14,5%), akan dirawat atau di karantina di Tanah Bumbu sampai sembuh," tambahnya.

Saat ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel mencatat jumlah warga yang positif covid -19 di Kalsel sebanyak 28.580 kasus, dengan jumlah penderita meninggal dunia 847 orang. Saat ini ada 3.047 orang penderita yang tengah menjalani perawatan dan 552 orang dinyatakan suspect. Sementara kasus covid -19 di Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 2.421 orang. (OL-3)

Baca Juga

MI/Haryanto

Ada Kadin, Ganjar Yakin Harga Cabai Bisa Dikendalikan Lebih Mudah

👤Haryanto 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:37 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah mendorong peran Kamar Dagang dan Industri  Jateng untuk mengatasi lonjakan harga...
MI/Kristiadi.

Tebing 50 Meter Longsor Tutup Jalan Utama Salopa-Cikatomas, Satu Ruang Guru Roboh

👤Kristiadi 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:27 WIB
Intensitas hujan tinggi yang terjadi sejak beberapa hari ini menyebabkan tebing setinggi 50 meter longsor dan langsung menimbun ruas jalan...
MI/Rendy Ferdiansyah

Polres Minahasa Tenggara Temukan Penimbunan Solar Bersubsidi

👤Voucke Lontaan 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:22 WIB
POLRES Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, temukan penimbunan 8400 liter bahan bakar minyak (BBM) solar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya