Kamis 01 April 2021, 13:30 WIB

Menhub Budi Karya Tinjau Penggunaan GeNose di Husen Sastranegara

Andromeda | Nusantara
Menhub Budi Karya Tinjau Penggunaan GeNose di Husen Sastranegara

Metro Tv/Andromeda
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menggelar konfrensi pers Pelaksanaan Hari Pertama Test GeNose C19 di Bandara Husein Sastranegara

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung pelaksanaan hari pertama test deteksi Covid-19 GeNose C19 di Bandara Husein Sastranegara.  

Per 1 April 2021, test deteksi covid-19 dengan GeNose dilaksanakan serentak di 4 bandara yang ada di Indonesia, seperti di PT Angkasa Pura I (Persero) alias AP I, yakni Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Bandara Internasional Kulon Progo. 

Sementara untuk bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II, layanan tes GeNose baru tersedia pada Bandara Husein Sastranegara, Bandung dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.

Penggunaan GeNose merupakan alternatif pengujian test covid-19 bagi para calon penumpang domestik. Hal ini pun sesuai dengan SE Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid 19 Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19. Salah satu syarat perjalanan dalam negeri pelaku perjalanan transportasi udara adalah menunjukan hasil test Covid-19 negatif. 

Baca juga: GeNose Diterapkan di 4 Bandara, Menhub: Skrining Ketat Bepergian

Per 1 April 22021, para penumpang memiliki alternatif pilihan test menggunakan GeNose C19 selain rapid antigen atau swab PCR. Sebelumnya GeNose sendiri sudah dilakukan di 44 stasiun kereta api dengan pengujian mencapai 300 ribu orang selama 3 bulan lebih.

“Kita tahu bahwa GeNose merupakan produk anak bangsa sesuai dari arahan Bapak Presiden kita harus mengutamakan produk dalam negeri, Namun demikian produk dalam megeri ini cukup tangguh dan teruji. GeNose sendiri sebelumnya telah dilakukan di 44 stasiun dan sudah melakukan oengujian pada lebih dari 300.000 orang,“ ujar Budi Karya.

Menurut Budi, saat pandemi covid-19, perlu adanya screening bagi para calon penumpang agar bisa berpergian sehingga tidak terjadi adanya penyebaran yang lebih banyak di beberapa daerah. 

Di hari yang sama, penumpang di pelabuhan Tanjung Priok pun saat ini dilakukan pengetesan test baik itu Antigen PCR atau GeNose. (A-2)

Baca Juga

MI/M Yakub

Tahun 2020, Tuban Surplus Beras Hingga 63,54 persen

👤M Yakub 🕔Sabtu 17 April 2021, 20:50 WIB
PRODUKSI padi pada 2020 mencapai 671.975 ton atau surplus beras mencapai 63,54 persen. Bahkan, Tuban juga mendapatkan predikat salah satu...
Antara/M Agung Rajasa

Istri Gubernur Jabar Positif Covid-19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 17 April 2021, 19:45 WIB
Ridwan mengatakan, Atalia tidak mengalami gejala apapun sehingga hanya menjalani isolasi...
Antara

Peredaran Narkoba Jaringan Lapas Bukittinggi Dibongkar

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 17 April 2021, 17:15 WIB
SATUAN Narkoba Polres Bukittinggi, Sumbar berhasil mengungkap kasus peredaran narkoba jaringan Lapas kelas II A...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya