Selasa 16 Maret 2021, 14:47 WIB

Internet Lemot, Sidang Daring di PN Temanggung Bikin Emosi Jiwa

Tosiani | Nusantara
Internet Lemot, Sidang Daring di PN Temanggung Bikin Emosi Jiwa

MI/Tosiani
Juru Bicara PN Temanggung Albon Damanik,

 

SELAMA pandemi covid-19 Pengadilan Negeri (PN) Temanggung, Jawa Tengah menggelar sidang perkara pidana secara daring. Adapun sidang perdata masih diselenggarakan secara fisik. Sayangnya sidang secara daring kerap mengalami kendala jaringan internet yang eror.

Juru Bicara PN Temanggung Albon Damanik, kendati sidang perdata masih secara langsung, namun pengajuan gugatan dan permohonan sudah bisa diajukan secara online melalui aplikasi e-court.

"Setiap harinya bisa empat hingga lima berkas perkara pidana yang disidangkan. Sidang digelar pada empat hari kerja, yakni pada Senin sampai Kamis,"ujar Damanik, Selasa (16/3/2021), di Temanggung.

Pada sidang online ini posisi hakim dan panitera selalu ada di ruang sidang. Jaksa dan saksi di kantor Kejaksaan. Sedangkan terdakwa ada di Rutan Temanggung. Serta pengacara bisa mengikuti sidang dari kantornya atau di ruang advokat yang disediakan di pengadilan.

Sejauh ini, katanya, tidak ada kendala yang berarti dalam sidang pidana secara online. Akan tetapi terkadang dalam sidang mengalami kendala jaringan internet. Namun demikian Operator IT terus stand by di Rutan, Kejaksaan dan PN untuk segera memperbaikinya.

"Kadang saat sedang berlangsung sidang tiba-tiba jaringan terhenti, mematung, terdiam tidak bergerak, eror dan suara terputus. Ini terjadi dalam hitungan detik. Dalam satu hari bisa dua sampai tiga kali jaringan eror,"katanya.

Namun demikian, dari segi efisiensi pasti lebih efisien sidang online karena pihak terkait seperti jaksa dan terdakwa tidak perlu ke pengadilan. Tapi suasana persidangan menjadi berbeda. Dari sisi biaya juga lebih hemat sidang online.

"Serta kadang kita harus menajamkan pendengatan, agak kurang jelas sewaktu sidang online. Tapi karena masih situasi pandemi covid jadi masih harus sidang online,"katanya. (OL-13)

Baca Juga: DPC Demokrat Banyumas Dukung AHY Desak KPU Tolak KLB Ilegal

 

Baca Juga

ANTARA

Ganjil Genap Masih Diterapkan di Jalur Utama Puncak-Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:23 WIB
Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan, mengatakan pihaknya masih memberlakukan sistem ganjil genap untuk kendaraan dari luar kota menuju...
Dok. UGM

UGM Bangun Kawasan Kerohanian untuk Lima Agama 

👤Arid Teristi hardi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:15 WIB
"Kawasan ini akan menjadi simbol bagi anak didik kita terkait toleransi dan kerukunan umat...
dok.ist

Emak-emak di Sulsel Doakan Ganjar Presiden 2024

👤Media Indonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:00 WIB
RATUSAN emak-emak Ganjar Sulsel mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo menjadi presiden...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya