Senin 15 Maret 2021, 20:50 WIB

Ganjar Pranowo Harap Warga Tanam Cabai di Pekarangan Rumah

Akhmad Safuan | Nusantara
Ganjar Pranowo Harap Warga Tanam Cabai di Pekarangan Rumah

MI/Andri Widiyanto.
Cabai rawit merah.

 

HARGA cabai rawit merah di Jawa Tengah masih bertahan tinggi sekitar Rp110 ribu-Rp120 ribu per kilogram. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengetahui hal tersebut dan mengharapkan warga dapat menanam cabai sendiri di pekarangan rumah atau pot untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

Ganjar menambahkan operasi pasar juga penting dalam kondisi ini. Tapi, hal itu juga tidak mudah dilakukan karena kondisi keterbatasan barang cabai rawit merah. "Operasi pasar itu perlu, tapi dengan apa? Ini karena barangnya juga tidak ada," tambahnya, Senin (15/3).

Menurunnya produksi cabai ini, ungkap Ganjar Pranowo, terjadi karena faktor cuaca, selain masa pandemi dan keengganan petani karena sebelumnya harga sempat jatuh.

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan dan Stabilitas Harga Dinas Perdagangan Kota Semarang Sugeng Dilianto mengaku sudah memprediksikan hal itu. Pasalnya, saat pandemi covid-19 berlaku PPKM sehingga banyak rumah makan/restoran tutup sementara sehingga petani enggan menanam cabai.

"Saat itu banyak panen tapi harga anjlok karena permintaan kecil. Tapi sekarang terbalik permintaan besar stok terbatas sehingga harga melambung," ujarnya.

Menghadapi kondisi itu, ungkap Sugeng, setiap hari pihaknya menurunkan tim pemantau di setiap pasar. Jika kondisi harga tidak terkendali, tidak menutup kemungkinan dilakukan operasi pasar. "Jika dikehendaki kami akan mengupayakan operasi pasar," imbuhnya. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kader PPP Miliki Kesempatan Sama Maju di Muswil Sumatra Utara

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Mei 2021, 23:15 WIB
"Saya sudah berbicara dengan Ketum (Suharso Monoarfa) agar Sumut menjadi contoh muswil yang aman dan lancar, tidak ada calon titipan...
MI/Widjajadi

Stok Plasma Konvalesen Kosong, PMI Surakarta Ajak Donatur Berdonor

👤Widjajadi 🕔Minggu 16 Mei 2021, 19:19 WIB
PMI Kota Solo menyerukan para pendonor plasma konvalesen (PK) bisa aktif kembali, seiring habisnya stok plasma konvalesen per 15 Mei 2021....
Dok. Humas Pemkab Gowa

Pemkab Gowa Perketat Akses Masuk ke Wisata Alam Malino

👤Lina Herlina 🕔Minggu 16 Mei 2021, 19:15 WIB
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, upaya memperketat wisatawan yang masuk ini dalam rangka menghindari munculnya klaster baru...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya