Minggu 28 Februari 2021, 16:28 WIB

Riau Darurat Karhutla, Operasi TMC Segera Dilakukan

Atalya Puspa | Nusantara
Riau Darurat Karhutla, Operasi TMC Segera Dilakukan

Antara/Aswaddy Hamid
Petani berusaha memadamkan api yang menjalar ke kebunnya di wilayah Dumai, Riau.

 

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan melalukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk meredam potensi kebakaran hutan di wilayah Riau. 

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK Ruanda Agung Sugardiman. "Untuk langkah antisipasi Karhutla, kami sudah kirim Direktur Pengendalian Karhutla untuk mulai deploy helikopter KLHK ke Riau. Minggu depan Maret direncanakan TMC," jelas Ruanda saat dihubungi, Minggu (28/2).

Berdasarkan pantauan KLHK, saat ini terdapat 79 titik api yang tersebar di wilayah Riau. Adapun pelaksanaan operasi TMC di Riau setelah operasi TMC Jabodetabek selesai.

"Saat ini, pesawat sedang dipakai TMC untuk pengalihan hujan dari Jabodetabek. Setelah itu baru digunakan untuk pengendalian karhutla," ungkapnya.

Baca juga: Riau Siaga Darurat Karhutla

Dia menyebut TMC dalam pengendalian karhutla sangat efektif. Operasi tersebut akan memperpanjang masa penghujan. Secara nyata dapat menaikkan unsur trimetilamin pada lahan gambut, sehingga tidak mudah terbakar.

Diketahui, ektivitas TMC terbukti mampu mengendalikan karhutla. Bahkan, upaya TMC pada 13-31 Mei 2020 meningkatkan curah hujan di Riau menjadi 157 mm. Itu lebih tinggi 22,4% dari prediksi curah hujan BMKG. Berikut, lebih tinggi 36% dari rata-rata curah hujan di Riau periode 2009-2019.

Sementara itu, wilayah Sumatera Selatan dan Jambi juga mengalami peningkatan curah hujan sekitar 20%-30%. Sebagai dampak TMC pada 2-19 Juni 2020 di Jambi dan TMC pada 2-18 Juni 2020 di Sumatera Selatan.(OL-11)

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Penerimaan Pajak di Babel Turun 43 Persen

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 15 April 2021, 09:03 WIB
Pada triwulan 1 tahun 2021 pajak yang berhasil dikumpulkan KPP Pratama Pangkalpinang, Bangka dan Tanjung Pandan Belitung hanya Rp311,36...
MI/Djoko Sardjono

Kampung Ramadan di Klaten Ditiadakan

👤Djoko 🕔Kamis 15 April 2021, 08:54 WIB
Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah melarang penyelenggaraan Kampung Ramadan 1442 H. Kebijakan ini diambil dalam upaya pengendalian...
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Kota Tasikmalaya Wacanakan Buka Sekolah Juli Mendatang

👤Kristiadi 🕔Kamis 15 April 2021, 08:34 WIB
Pemerintah Kota Tasikmalaya mewacanakan pembukaan sekolah tatap muka pada tahun ajaran baru, Juli...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya