Kamis 25 Februari 2021, 15:11 WIB

Banyak Kampung di Kabupaten Maybrat belum Teraliri Listrik

Martinus Solo | Nusantara
Banyak Kampung di Kabupaten Maybrat belum Teraliri Listrik

ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Warga Desa Sosyan berdiri di depan rumah mereka dengan lampu yang menyala

 

SEKRETARIS Daerah Kabupaten Maybrat Jhoni Way menginformasikan sebagian besar dari 259 kampung di wilayahnya belum mendapatkan listrik. Ia pun meminta kepada pendamping Program Pembangunan Masyarakat Desa (P3MD), agar mendata kampung tersebut untuk bisa segera dialiri listrik.

Jhoni menyampaikan hal itu dalam rapat kerja (raker) pendamping Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di sekretariat daerah, Kamis (25/2). Ia pun meminta kesejahteraan masyarakat diperhatikan melalui program dana desa. Masyarakat Papua, harus mendapat penerangan sebagai implementasi program Indonesia terang.

"Hal ini perlu diperhatikan pemerintah karena terdapat 99% masyarakat Maybrat merupakan Orang Asli Papua (OAP). OAP harus hidup sejahtera. Termasuk penerangan sampai pada pelosok kampung. Ini menjadi tanggung jawab pendamping P3MD. Tugas pendamping P3MD bukan saja hanya mengawal dana desa, tetapi kesejahteraan masyarakat di berbagai bidang termasuk penerangan. Ini yang harus perlu diperhatikan," kata Jhoni Way.

Baca juga:  Presiden Akan Resmikan Desa Berlistrik Di Papua

Pria berdarah Aitinyo ini menegaskan program Indonesia terang harus menerangi seluruh orang Papua hingga pelosok, agar program dapat dinikmati secara merata. Pun masyarakat bisa meningkatkan perekonomian dengan hadirnya listrik.

"Masyarakat di kampung itu memiliki kemampuan untuk membuat kue, minuman jus dan lain sebagainya. Tetapi tidak didukung dengan listrik, maka keterampilan itu tidak bisa dikembangkan. Bagaimana mau dikembangkan, aliran listrik saja tidak ada. Sekarang zaman teknologi bukan seperti zaman dulu lagi," ungkapnya.

Dirinya menegaskan P3MD baik di tingkat Kabupaten, Distrik dan Kampung harus memiliki peran yang cukup besar guna membantu pemerintah.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/

Menantu Jokowi Janji Akan Perbaiki Hubungan dengan Jurnalis

👤Antara 🕔Sabtu 17 April 2021, 02:21 WIB
Ia mengaku bahwa pihaknya telah membaca maupun mendengarkan berbagai informasi yang diterima, termasuk "Wali Kota serasa...
MI/PIUS ERLANGGA

Pemkot Lhokseumawe Tindak Tegas Pedagang Makanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:56 WIB
Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Satpol-PP dan WH akan menindak tegas bagi pedagang bandel yang menjual makanan berbuka puasa sebelum...
MI/Tri Subarkah

PBNU Mengkritik Pemkot Serang Terkait Larangan Buka Warung Makan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:20 WIB
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengkritik keputusan Pemerintah Kota Serang Provinsi Banten soal larangan restoran, cafe, warung...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya