Rabu 04 Januari 2023, 10:24 WIB

Perayaan Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Maybrat Berlangsung Kondusif

Thomas Harming Suwarta | Nusantara
Perayaan Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Maybrat Berlangsung Kondusif

Dok. Pribadi
Kapolres Maybrat AkBP Glenn Rooi Molle

 

KAPOLRES Maybrat AKBP Glenn Rooi Molle memastikan perayaan Natal 2022 dan Malam Tahun Baru 2023 di wilayah hukum Polres Maybrat, Papua Barat Daya berlangsung aman dan kondusif. 

Hal itu sekaligus membantah klaim sepihak kelompok TPNPB yang saat sebelum Natal yang mengaku menguasai daerah Kumurkek, Ibu Kota Kabupaten Maybrat. 

"Kami sampaikan bahwa seluruh ibadah dan acara terkait Natal dan Tahun Baru 2023 di wilayah Hukum Polres Maybrat berlangsung aman dan damai, lancar tanpa ada gangguan Kamtibmas," ungkap Glenn dalam keterangan yang diterima wartawan, Selasa malam (3/1).

Kata Glenn, pada acara pergantian tahun baru 2023 masyarakat bersama seluruh elemen pemerintah termasuk aparat keamanan, larut dalam kegembiraan bersama yang perayaannya dipusatkan di jantung kota Kumurkek, alun-alun Faitmayaf, distrik Aifat dengan pesta kembang api. 

"Artinya klaim-klaim kelompok separatis yang sebelumnya melakukan provokasi itu sama sekali tidak benar. Terbukti masyarakat aman, nyaman dan damai saat Natal kemarin dan juga Tahun Barunya. Ini harus kami sampaikan, bahwa Maybrat aman-aman saja," sambung Glenn.

Baca juga : Awas, Gelombang Tinggi di Laut Jawa dan Rob Kembali Terjadi Pantura Jateng

Dalam rangka menjaga situasi tetap kondusif, Glenn berharap kerja sama seluruh masyarakat untuk aktif terlibat menjaga ketertiban di masyarakat, salah satunya dia meminta masyarakat agar tidak terprovokasi dengan hasutan yang disampaikan kelompok separatis atau pihak lain yang ingin mengganggu ketertiban di wilayah Maybrat atau Papua Barat pada umumnya. 

"Kami juga imbau masyarakat untuk memberikan informasi secara aktif kepada pihak kepolisian atau TNI jika ditemukan hal hal yang mencurigakan dan berpotensi melawan hukum," ucapnya. 

Glenn sekaligus juga bersyukur bahwa wilayah lainnya seperti Ayamaru, Aitinyo, hingga perbatasan dengan Kab Sorong atau Sorong Selatan situasi Kamtibmas bisa dikendalikan dengan baik. 

"Intinya saya tegaskan bahwa situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Maybrat tidak seperti apa yang mereka sampaikan bahwa mereka menguasai Kumurkek. Ya kita buktikan bahwa sejak perayaan Natal sampai Tahun Baru semua berjalan dengan normal masyarakat beraktivitas secara normal," pungkas Glenn. (OL-7) 

Baca Juga

DOK.MI

BPBD Nagan Raya Kerahkan Tim Evakuasi Korban Tertimbun Longsor

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:50 WIB
Sejauh ini baru satu orang yang diduga tertimbun tanah longsor di kawasan hutan yang dijadikan tempat penambangan emas ilegal...
DOK.MI

Remaja Tenggelam di Perairan Pulau Beting Ditemukan Meninggal

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:43 WIB
Ia menjelaskan korban ditemukan meninggal dunia pada titik koordinat 2°8'16"N 101°33'24"E,". Korban...
DOK.MI

Polda Bali Tangkap Buronan Interpol Terlibat Penyelundupan 160 Kg Ganja

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:40 WIB
DPO Interpol Antonio Strangio pada 2015 dilaporkan hendak membawa ganja ke pasar gelap di Roma,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya