Rabu 27 Januari 2021, 20:31 WIB

Gubernur Jabar Resmikan Smart Green House di Kebun Wanaraja Garut

Kristiadi | Nusantara
Gubernur Jabar Resmikan Smart Green House di Kebun Wanaraja Garut

KOMINFO GARUT
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memanen jagung hibrida di Kebun Wanaraja, Desa Wanasari, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut.

 

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil, secara langsung meresmikan Smart Green House atau Sistem Pertanian Infus menggunakan teknologi di Kebun Wanaraja, tepatnya di Jalan Cikole, Desa Wanasari, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Rabu (27/1).
 
"Kami telah meresmikan pertanian infus menggunakan teknologi karena pada masa depan pertanian tidak lagi konvensional, tapi nantinya akan memakaibteknologi yang bisa menghemat air, mengatur air, sehingga petani bisa menumbuhkan produknya sampai dua belas bulan, dimulai di Wanaraja, Garut hingga nantinya disebarkan di seluruh Jawa Barat dan juga Indonesia," kata Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, Rabu (27/1/2021).

Emil mengatakan, selain meresmikan sistem smart green house di Kabupaten Garut, Emil juga melakukan panen raya jagung hibrida. Komoditas jagung menjadi kebutuhan yang sangat tinggi. Jawa Barat berupaya melakukan kerja sama dengan Sumatra Barat karena bagian dari partner Jabar melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Panen jagung sekarang memiliki kebutuhan yang sangat tinggi dan kita akan kerja sama dengan provinsi Sumatra Barat sebagai bagian dari partner Jawa Barat melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) kami yaitu Agro Jabar," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Agro Jabar, Kurnia Fajar mengatakan, ada beberapa hal yang mendorong Agro Jabar selama ini masuk bisnis jagung salah satunya adanya komitmen dari salah satu perusahaan penyedia benih jagung dan Kabupaten Garut dipilihnya dalam program tersebut karena sebagai kabupaten Jagung.
 
"Kami mendapatkan partner yang tepat yaitu Benindo sehingga putuskan untuk menanam jagung, Agro Jabar menanam jagung di kebun kita dan Benindo berkomitmen bahwa tidak hanya menjadi distributor benih jagung saja tetapi agro Jabar tahun depan agro Jabar juga akan memiliki benih sendiri," ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan, Kabupaten Garut memiliki lahan seluas 35 ribu hektare yang ditanami jagung dan dalam satu tahun bisa menghasilkan 500 ribu ton jagung dan dalam sekali panen bisa mendapatkan 7 kwintal tetapi jika dikalikan dua artinya 70 ribu hektare bakal dipanen.

"Saya sangat bergembira jika nanti Agro Jabar yang punya lahan di Kabupaten Garut kurang dari 2 ribu hektare bisa dijadikan juga sebagai sentral kebun jagung, agar jagung Kabupaten Garut menjadi meningkat. Akan tetapi, lahan seluas 35 ribu hektare ada di luar kerja sama antar masyarakat dengan Perhutani maupun perkebunan," pungkasnya. (AD/OL-10)

Baca Juga

Agus Suparto

Jokowi Dilaporkan ke Bareskrim Terkait Kerumunan di NTT

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:57 WIB
Kurnia menyayangkan sikap Presiden Jokowi yang tidak memberikan contoh yang baik terkait penerapan prokes saat berkunjung ke...
Antara

Rejang Lebong Bersiap jadi Kebun Percontohan Buah Lokal

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:41 WIB
Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong menyiapkan kebun percontohan buah-buahan lokal khas daerah...
MI/SUSANTO

Kerumunan di NTT Dinilai tidak Ada Unsur Kesengajaan

👤Budi Ernanto 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:11 WIB
Kerumunan terjadi saat ada kunjungan kerja Presiden Jokowi di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya