Rabu 27 Januari 2021, 11:32 WIB

Blora Akan Bangun Mal Pelayanan Publik Seperti di Batang

Akhmad Safuan | Nusantara
Blora Akan Bangun Mal Pelayanan Publik Seperti di Batang

MI/Akhmad Safuan
Wakil Bupati Blora Arief Rohman meninjau fasilitas MPP di Kabupaten Batang, Rabu (27/1/2021).

 

KABUPATEN Blora akan membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Batang, karena kebutuhan warga untuk mendapatkan pelayanan terbaik di masa mendatang cukup mendesak.

"Kita akan bangun MPP di Blora seperti yang dikakukan Pemkab Batang secepatnya. Di masa mendatang kebutuhan fasilitas ini sangat penting dan dibutuhkan warga," kata Wakil Bupati Blora Arief Rohman usai meninjau fasilitas MPP di Batang Rabu (27/1).

Layanan diberikan dalam MPP, demikian Arief Rohman, dikemas secara tertata dan mudah diakses, sehingga warga dapat memperoleh pelayanan yang lengkap secara mudah dan cepat. 

"Ini sangat bagus untuk diterapkapkan di Blora," tambahnya.

Beberapa pelayanan yang tersedia, lanjut Arief, di antaranya perizinan, administrasi kependudukan, perpajakan, perbankan dan pelayanan dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Batang yang dihadirkan dalam MPP tersebut. Bahkan yang menarik layanan SIM Drive Thru karena tidak perlu turun dari kendaraan dan dapat mengurus perpanjangan SIM dalam waktu relatif singkat.

Mal Pelayanan Publik di Batang ini, ungkap Arief Rohman, bisa menjadi gambaran bagi Pemkab Blora untuk nantinya bisa mewujudkan MPP di Blora, karena menghadirkan pelayanan-pelayanan menjadi lebih dekat, mudah dan cepat bagi warga Blora nantinya.

"Ini meruoakan inovasi dsn terobosan luar biasa," imbuh pemenang pilkada Blora 2021 ini.

Bupati Batang Wihaji mengatakan bahwa konsep awal berdirinya MPP ini adalah memberikan pelayanan terbaik, efektif, efisien dan sederhana kepada masyarakat. Setelah diresmikan pada Sabtu (23/1) lalu MPP Batang ini menyediakan 329 jenis layanan publik seperti BPJS, Imigrasi, Perbankan, Kantor Pos dan lain sebagainya termasuk layanan perpanjangan SIM A dan SIM C melalui SIM Drive Thru.

Batang dan Blora tidak begitu beda, lanjut Wihaji, APBD maupun PAD nya tidak berbeda jauh. Namun kondisi masyarakat dan negara juga sudah berubah cepat. 

"Karena sudah berubah ini setuju tidak setuju kita dipaksa untuk menyesuaikan dengan teknologi bergerak dengan cepat," ujarnya.

baca juga: Banjir Kalsel Sebabkan Pasokan Kedelai ke Palangka Raya Minim

Dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada warga, ungkap Wihaji diperlukan basis data yang akurat, karena data adalah basis maka salah satunya adalah diujudkan smart village yang ada di setiap desa dan anggarannya diambil dari dana desa.

Di tingkat kabupaten dihadirkan Batang Command Center. Semua data terintegrasi 24 jam non stop, sehingga dari sini sudah bisa dilihat dan dicek apa saja yang terjadi di Kabupaten Batang.

"Warga bisa melaporkan 24 jam dan untuk penanganannya dapat dilihat juga progresnya," tambahnya. (OL-3)
 

Baca Juga

Antara/Akbar Tado

Petani Sawit Sulteng Minta Perusahaan Ikuti Harga TBS Nasional

👤M> Taufan SP Bustan 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:45 WIB
Menurut petani, hingga saat ini hampir semua perusahaan kelapa sawit yang ada di Sulteng masih membeli murah TBS...
MI/ HO

Dorong Ekspor, Bupati Tambrauw Bangun Infrastruktur Perikanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 13:16 WIB
Infrastruktur ini berupa cold storage, air blast dan pabrik es, yang dibangun di Distrik Sausapor dan...
dok.ist

Sahabat Lamongan Optimis Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2024

👤mediandonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:40 WIB
RATUSAN relawan Sahabat Sandi memberikan dukungan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada pilpres...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya