Rabu 20 Januari 2021, 10:36 WIB

Brimob Polda Jabar Bantu Evakuasi Korban Banjir Puncak

Bayu Anggoro | Nusantara
Brimob Polda Jabar Bantu Evakuasi Korban Banjir Puncak

Dok Brimob Polda Jabar
Brimob Polda Jabar membersihkan lumpur banjir bandang yang melanda kawasan Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (19/1/2021).

 

BRIMOB Polda Jawa Barat mengirimkan tim SAR untuk membantu penanganan banjir bandang di kawasan Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor yang terjadi, Selasa (19/1). Dansat Brimob Polda Jabar, Kombes Yuri Karsono mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan satu tim untuk mengevakuasi korban di lokasi tersebut.

"Mendengar informasi adanya Bencana di kawasan Puncak, kami, Brimob langsung menerjunkan anggota menuju lokasi," kata Yuri saat dikonfirmasi, Rabu (20/1). 

Menurut dia, tim yang dipimpin Aiptu Awaludin langsung mengevakuasi korban setibanya di lokasi.

"Misalnya membantu masyarakat untuk memindahkan barang-barang berharga yang yang terkena banjir bandang," ujarnya seraya menyebut ini merupakan salah satu bentuk bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat.

Dia menambahkan, pihaknya bersama petugas lainnya seperti dari TNI, Tagana, dan BPBD berhasil mengevakuasi ratusan warga untuk kemudian diungsikan di masjid serta Wisma PTPN VIII Gunung Mas yang lokasinya jauh dari titik banjir. 

"Masyarakat kalau tetap berada di lokasi sangat berisiko. Khawatir terjadi lagi banjir bandang, apalagi kondisi di hulu sungai masih turun hujan. Jadi masyarakat jangan dahulu mendekat  ke  lokasi banjir bandang," katanya.

Meski begitu, dia memastikan pihaknya belum mengetahui apakah terdapat korban jiwa atau hanyut terbawa aliran banjir bandang tersebut. 

"Ini masih dalam proses penanganan," katanya.

Seperti diketahui, rumah warga yang terdampak banjir bandang berada di dalam kawasan Agrowisata Gunung Mas milik PTPN VIII. Sebagian besar warga yang bermukim di sana merupakan karyawan BUMN tersebut.

Sebelumnya, banjir bandang menerjang kawasan Puncak, Kabupaten Bogor tepatnya di Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua. Bencana alam itu mulai terjadi sekitar pukul 09.00 menyusul hujan deras yang mengguyur lokasi tersebut bahkan sejak Senin (18/1) malam.

baca juga: Banjir Bandang Landa Gunung Mas Puncak

Kepala Pusat Data dan Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Budi Budiman mengatakan, hujan deras itu menimbulkan longsor di atas gunung tersebut sehingga materialnya terbawa banjir ke pemukiman warga. Banjir susulan terjadi pada siang harinya. (OL-3)


 

Baca Juga

Ant/Nyoman Hendra Wibowo

Limbah Sisa Makanan di Bali Rata-Rata 150 Kilo Perhari/TPS

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 23 Januari 2022, 09:00 WIB
LIMBAH makanan di Tempat Pengolahan Sampah (TPS) di Denpasar berkisar antara 115 kg-184,67 kilogram per-TPS...
dok.humas

Ganjar Pranowo Terima Curhatan Kades-Petani Tembakau di Lampung

👤Haryanto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:36 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bertemu dengan petani tembakau dan DPC Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)...
MI/Adam Dwi

Beasiswa OSC Medcom.id Jembatan Raih Pendidikan Berkualitas

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:25 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id menjadi jembatan bagi para pelajar di Tanah Air untuk meraih pendidikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya