Rabu 13 Januari 2021, 22:55 WIB

Dua Hari PPKM di Solo Kasus Covid Malah Pecah Rekor

Widjajadi | Nusantara
Dua Hari PPKM di Solo Kasus Covid Malah Pecah Rekor

Ant/ MOHAMMAD AYUDHA
Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih (kiri) mendampingi Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo (kanan) saat kunjungi faskes.

 

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Solo yang sudah berjalan tiga hari belum mampu menekan penularan virus covid-19. Padahal, tak bosan digelar operasi yustisi untuk pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan oleh Tim Gabungan Polri-TNI-Satpol PP di sana.

Bahkan pada hari kedua, yang jatu hari Selasa (12/1), Satgas Penanggulangan Covid-19, mencatat penambahan kasus korona di Solo sebanyak 250 orang per hari, pada Rabu (12/01/2021).

Kadinkes Kota Surakarta dr.Siti Wahyuningsih menyatakan, penambahan kasus yang luar biasa, hingga memecahkan rekor sejak pandemi di Solo muncul pertama pada 13 Maret 2020 silam.

"Kasus terbanyak penambahan warga positif Covid-19 di Solo sebelumnya 148 orang per hari pada Kamis pekan lalu. Tingginya penambahan kasus positif Covid-19 ini sangat dipengaruhi oleh kecepatan hasil tes swab laboratorium," dalih Siti.

Kasus sebelumnya jumlahnya tidak begitu banyak, yakni dikisaran 40-60 orang per hari, karena laboratorium uji swab belum jadi dan butuh waktu beberapa hari.

Lebih jauh dia paparkan, data Satgas Penanganan COVID-19 Solo, terkini menyebutkan angka kumulatif positif mencapai 6.104 orang. Dari jumlah tersebut 4.134 diantaranya sembuh, 1.382 isolasi mandiri, 281 dirawat, dan 307 meninggal dunia.

Yang jelas, lanjut Kadinkea, laboratorium uji swab di Solo kini mampu mempercepet penelitian hasil tes swab cepat. Dari yang terlaksana, per hari laboratorium mampu menyelesaikan rata-rata tes swab cepat hingga 100 sampel.

Sementara terkait rencana imunisasi vaksin Sinovac untuk memutus mata rantai penularan covid, akan digelar pada Kamis (14/1) di 33 fasilitas kesehatan (faskes) yang sudah lolos verifikasi, dengan prioritas pertama adalah para tenaga kesehatan.

"Selain nakes, sekda, danrem, kajari, wakapolresta, Ketua DPRD, Ketua IDI, dan Ketua PDGI Kota ikut dalam rombongan di vaksin," timpal Wali Kota FX Hadi Rudyatmo dalam jumpa pers bersama di Balaikota.

Untuk kelancaran vaksin, sejak Selasa petang sudab datang 10.609 dosis vaksin Sinovac. "Hari ini vaksin itu dikeluarkan dari gudang farmasi di Kampung Bumi,untuk didistribusikan ke 33 faskes pelaksana vaksinasi," pungkas Siti. (OL-13)

Baca Juga: PN Palembang Diliburkan hingga 19 Januari

Baca Juga

Dok DKPP

Besok DKKP Gelar Sidang Pelanggaran Kode Etik Pilkada Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:17 WIB
Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang virtual sengketa Pilkada 2020 Kalimantan Selatan terkait...
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Setelah Banjir Baru Dilakukan Pengerukan Sungai

👤Nurul Hidayah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:09 WIB
Setelah terjadi banjir di Kabupaten Cirebon, pemkab setempat baru melakukan pengerukan sungai yang saat ini terjadi pendangkalan dan...
Medcom.id

20 Penyintas Covid-19 di Babal Terpapar Lagi

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:04 WIB
Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa menyebutkan ada 20 orang penyintas covid-19...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya