Senin 11 Januari 2021, 07:00 WIB

Gubernur Sulbar Janjikan Relokasi Permukiman Warga Terancam Abrasi

Mediaindonesia.com | Nusantara
Gubernur Sulbar Janjikan Relokasi Permukiman Warga Terancam Abrasi

ANTARA FOTO/Arnas Padda
Warga melihat bagunan yang rusak akibat abrasi di Pantai Batu-Batu, Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/12/2020)

 

SEBANYAK 50 kepala keluarga di Dusun Gade Desa Tangngatangnga Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar (Polman) terancam abrasi pantai. Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar mengatakan Pemprov Sulawesi Barat akan melakukan relokasi permukiman warga yang terancam abrasi tersebut.

Gubernur mengatakan warga yang terancam abrasi tersebut harus dilakukan relokasi ke tempat lebih aman, karena sudah sekian lama masyarakat tersebut terancam abrasi.
  
"Pemerintah Sulbar telah meninjau pemukiman warga yang terdampak abrasi tersebut dan solusinya harus dilakukan relokasi ke tempat aman," kata Ali Baal Masdar, Minggu (10/1).

baca juga: Akses Jalan Tertutup Longsor Dua Kecamatan di Mabar Terisolasi 
  
Menurutnya Pemprov Sulbar berencana membangun tanggul penahan ombak di wilayah tersebut untuk mengamankan pemukiman warga dari abrasi disamping membangun tanggul yang rusak akibat gelombang pasang. Wakil Ketua DPRD Sulbar, Usman Suhuriah menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulbar yang telah berniat merelokasi warga yang terancam abrasi.
  
"Telah lama warga terancam banjir air laut pasang, apalagi saat musim angin barat sehingga dibutuhkan perbaikan tanggul penahan ombak serta dilakukan relokasi serta perbaikan tanggul pemecah ombak," terang Usman.
  
Maryani, warga terdampak abrasi mengungkapkan ia dan keluarganya telah menghadapi bencana abrari selama 10 tahun. Sejumlah rumah di tepi pantai rusak akibat diterjang gelombang pasang. Ia berharap dengan bantuan pemerintah membangun tanggul, masalah rob yang dihadapi warga bisa teratasi. (Ant/OL-3)
 

Baca Juga

dok.ist

Burhan Zainuddin Ajak Optimalkan Kacang Mete Buton Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:30 WIB
SELAIN hasil laut, potensi hasil bumi Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara dinilai dapat terus dioptimalkan. Salah satunya hasil bumi...
Dok. Kanwil Kemenkumham Babel

Kanwil Kemenkumham Babel, Dorong Kabupaten Bangka untuk Daftarkan Kekayaan Intelektual Komunal

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:10 WIB
Dalam kunjungannya, Harun disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Bangka Mulkan, untuk membahas optimalisasi layanan hukum dan hak asasi...
dok.ist

Bupati Harap Sail Teluk Cenderawasih Tingkatkan Ekspor Yellowfin Biak Numfor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:55 WIB
BUPATI Biak Numfor, Herry Ario Naap berharap penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih 2023 di wilayahnya, dapat mengoptimalkan seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya