Rabu 23 Desember 2020, 13:35 WIB

Feri Danau Toba Sudah Terapkan Pembayaran Nontunai

Yoseph Pencawan | Nusantara
Feri Danau Toba Sudah Terapkan Pembayaran Nontunai

MI/Apul
Kawasan Danau Toba sudah menerapkan pembayaran non tunai.

 

BANK Sumut mulai memberikan pelayanan transaksi nontunai untuk pembayaran ongkos kapal penyeberangan di kawasan Danau Toba.

Direktur Pemasaran Bank Sumut Hadi Sucipto mengatakan, dalam memberikan layanan tersebut pihaknya menjalin kerja sama dengan PT Pembangunan Prasarana Sumut (PPSU) dan Kementerian Perhubungan. 

“Untuk pembayaran digital penyeberangan Tigaras-Simanindo ada dua tipe pembayaran yang kami layani, yaitu e-money dan e-wallet,” ujarnya, Rabu (23/12).
Dia menjelaskan, pada tahap awal layanan transaksi nontunai Bank Sumut masih pada penyeberangan Tigaras (Kabupaten Simalungun) – Simanindo (Kabupaten Samosir). 

Penumpang kapal feri yang melalui kedua pelabuhan tersebut sudah bisa menggunakan e-money dan juga e-wallet seperti OVO, Dana, GoPay dan LinkAja untuk pembayaran tiket penyeberangan.

Kartu e-money Bank Sumut, Selain untuk mebayar tiket kapal feri, juga bisa digunakan sebagai kartu tol, parkir bandara dan berbelanja. “Kalau e-walletnya tinggal scan barcode yang ada di pelabuhan untuk melakukan pembayaran,” imbuh Hadi Sucipto.

Menurut dia, penggunaan transaksi nontunai untuk pembayaran kapal penyeberangan memiliki dua manfaat utama, yakni mengurangi penggunaan uang tunai dan pemasukan dari penjualan tiket bisa lebih terpantau. 

Terpisah, Komisaris PPSU Hendra Suryadi mengatakan, saat ini pihaknya sedang berupaya meningkatkan pelayanan kapal feri dan salah satu Langkah yang dilakukan adalah menerapkan pembayaran digital atau nontunai. PPSU sendiri mengelola dua kapal penyeberangan yang melayani Tigaras-Simanindo, yakni KMP Sumut I dan II. KMP Sumut II saat ini masih menjalani proses pemeliharaan.

Namun kegiatan pemeliharaan KMP Sumut II sudah mencapai 97% sehingga sudah dapat dioperasikan dalam suasana libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini.
Biasanya dalam suasana Nataru pelabuhan Tigaras dan Simanindo mengalami peningkatan arus penumpang yang signifikan, sehingga kali ini dimanfaatkan untuk memulai menerapkan transaksi nontunai pembayaran kapal feri. (OL-13)

Baca Juga: Dua Calon Penumpang KA Posituf Covid-19, Tiket Kembali 100%

Baca Juga

MI/Hendra

Menyelamatkan Danau Maninjau, Objek Wisata Unggulan di Agam

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:00 WIB
Kondisi fisik dan ekologi danau kini telah mengalami degradasi atau penurunan, sehingga perlu pengelolaan...
HO

Habaib Dan Kiai Jatim Doakan Gus Muhaimin Presiden 2024

👤Widhoroso 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:57 WIB
PARA habaib dan kiai serta ribuan warga dari berbagai daerah di Jawa Timur (Jatim) mendoakan Muhaimin Iskandar sebagai Presiden...
DOK.MI

Tanah Longsor di Mamasa, 2 Tewas dan 6 Desa Terisolasi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:55 WIB
BPBD bersama tim gabungan terus berupaya melakukan penanganan darurat di lokasi terdampak guna menemukan kemungkinan adanya korban...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya