Selasa 24 November 2020, 07:54 WIB

Wakil Wali Kota Bantah Kota Yogyakarta Masuk Zona Merah

Agus Utantoro | Nusantara
Wakil Wali Kota Bantah Kota Yogyakarta Masuk Zona Merah

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Pengunjung berada di kawasan Malioboro, DI Yogyakarta, Senin (16/11/2020)

 

WAKIL Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menegaskan, sampai saat ini Kota Yogyakarta masih bertahan dengan status zona oranye, dan tidak masuk dalam zona merah covid-19.

"Hingga saat ini, Kota Yogyakarta masih zona oranye, belum naik status sebagai zona merah, Jadi yang di medsos yang menyebut Kota Yogyakarta masuk zona merah, itu tidak benar," kata Heroe yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Senin (23/11).

Menurut dia, adanya kenaikan jumlah kasus positif baru sepanjang pekan lalu, tidak serta merta menaikkan status dari zona oranye ke merah. Ia kemudian menunjukkan dari 45 kelurahan di Kota Yogyakarta, bahkan tetap berada di status zona kuning. Heroe menyebutkan, sembilan kelurahan berada di zona kuning sedangkan selebihnya oranye.

Pada kesempatan itu, Heroe menyebutkan saat ini dari 128 tempat tidur rumah sakit yang disiapkan pasien baru covid-19, sudah digunakan 102 tempat tidur. Sementara untuk perawatan ICU bagi pasien covid-19 dengan kondisi berat, dari 13 kamar isolasi, terisi delapan. 

Heroe juga membantah, informasi yang muncul di media sosial yang menyebutkan kamar isolasi penuh, tidak benar sama sekali, karena baru terisi 61,4% . Menurut Heroe, pasien yang terkonfirmasi positif sebagian besar tidak menunjukkan gejala atau asimptomatis. Secara terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta, Berty Murtiningsih mengungkapkan, hasil pemeriksaan laboratorium dan terkonfirmasi positif, Senin (23/11/2020) terdapat tambahan 82 kasus positif, sehingga total kasus positif covid 19 di DIY menjadi sebanyak 5219  kasus.

Menurut Berty, penambahan terbanyak tetap di wilayah Kabupaten Sleman, 43 kasus baru disusul Kota Yogyakarta sebanyak 24 kasus baru, Gunungkidul 9 kasus baru, Bantul tambah 6 kasus dan Kabupaten Kulonprogo tida ada penambahan.

"Distribusi kasus berdasarkan riwayat, 41 kasus diketahui dari hasil tracing kontak, 16 kasus diketahui dari pemeriksaan mandiri, 1 kasus hasil skrining petugas kesehatan, perjalan luar daerah 5 kasus dan  skrining pekerjaan 1 kasus serta sisanya belum diketahui," kata Berty.

baca juga: 3 Minggu Pascaliburan, Kasus Covid-19 di Yogyakarta Naik 3x Lipat

Berty menambahkan, pada hari yang sama, dilaporkan adanya 100 kasus sembuh covid-19. 

"Kesembuhan terbanyak di Kabupaten Bantul 60 kasus sembuh, Kota Yogyakarta 20 kasus sembuh, Sleman 16 kasus sembuh, Gunungkidul 4 kasus dan Kulonprogo tidak melaporkan adanya kasus  sembuh,"kata Berty.

Pada Senin ini juga dilaporkan empat orang meninggal dunia, karena covid-19 satu diantaranya dengan komorbid DM dan hipertensi. (OL-3)

Baca Juga

Dok. Pemprov Kepri

Pusat Kaligrafi Al-Quran Diproyeksikan Jadi Ikon Baru kepri

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 01:15 WIB
Apalagi, kata Arif, selama ini Kepri sudah dikenal melalui wisata sejarah dan budaya, yang juga identik dengan dunia...
DOK Basarnas

Sejumlah Partai Distribusikan Bantuan untuk Korban Gempa Majene

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 01:00 WIB
Bantuan serupa juga disalurkan Partai Nasdem dan PDI...
Antara/Adwit B Pramono

Sulut Wajibkan Tamu ke Kantor Gubernur Ikut Rapid Test Antigen

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 00:30 WIB
Kebijakan wajib tes cepat antigen bagi ASN/THL dan tamu ini dalam rangka mencegah penyebaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya