Jumat 13 November 2020, 17:53 WIB

Ada Kesengajaan Air PDAM Tercampur Solar

Bagus Suryo | Nusantara
Ada Kesengajaan Air PDAM Tercampur Solar

Humas Pemkot Malang
Wali Kota Malang Sutiaji bersama jajaran pimpinan PDAM Kota Malang sidak di tandon air Wendit 3 terkontaminasi Solar, Jumat (13/11/2020).

 

PENEMUAN air PDAM bercampur minyak solar, Wali Kota Malang, Sutiaji menyatakan temuan itu merupakan kesengajaan, bukan kelalaian. Karena itu polisi diminta menyelidiki kasus tersebut.

"Saya tegaskan ini bukan kelalaian, namun secara teknis ini bukan domain saya. Kita tunggu nanti dari kepolisian," tegas Sutiaji saat sidak ke tandon air wendit, Jumat (13/11). 

Sejak air PDAM bercampur minyak solar, Sutiaji memerintahkan direktur utama dan jajaran PDAM segera melakukan pendekatan kepada siapa pun sebelum nantinya pihak kepolisian menyelidiki kasus ini.Sutiaji beranggapan kasus air minum tercampur minyak solar tersebut bukanlah kelalaian, melainkan kesengajaan. Pasalnya, bila kelalaian, durasi waktu pengisiannya tidak akan selama ini. 
"Ada jeda waktu 1 jam 35 menit untuk menghabiskan 3000 liter solar," katanya.

Guna memastikan kondisi air yang sejak kemarin berbau minyak solar, Sutiaji melakukan sidak di tandon air Wendit. Ia didampingi Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Muhlas melihat langsung kondisi genset dan tandon air wendit 3 yang terkontaminasi solar. 

"Kondisi air sudah jernih meski masih berbau tapi itu akan segera hilang," ujarnya.

baca juga: Relawan Jerinx Bagi-Bagi Pangan Gratis 

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Muhlas menambahkan proses penanganan terus dilakukan agar sesegera mungkin bisa mendistribusikan air jernih ke wilayah terdampak. 

"Tapi masyarakat harus paham bahwa untuk proses mengalirkan air tidak sebagaimana kita menyambungkan aliran listrik yang sekali sambung langsung semua konek," katanya. 

Muhlas mengungkapkan petugas sudah melakukan flushing untuk menguras air-air yang mungkin masih tercemar di dalam pipa agar dibuang semuanya. 

"Sehingga pada saat dialirkan, air yang sudah normal ini tidak lagi terkontaminasi air yang sudah tercemar," imbuhnya.(OL-3)
 

Baca Juga

MI/Wibowo Sangkala

PB Al Khairiyah Minta Kementerian PUPR Lebarkan Jalan Cilegon-Anyer

👤Wibowo Sangkala 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:00 WIB
RUAS Jalan Cilegon-Pasauran tepatnya di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Provinsi Banten saat ini kondisinya...
MI/Gabriel Langga

Vaksinasi Covid-19 di Flotim Belum Capai Target Nasional

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:50 WIB
VAKSINASI Covid-19 dosis pertama di Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur hingga hari ini, Rabu (19/1) belum mencapai target...
dok.Ant

Update: Gempa Bumi M 6,6 Banten Sebabkan 3.078 Rumah Rusak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:10 WIB
GEMPA bumi magnitudo 6,6 di Banten pada Senin (17/1) telah menyebabkan sebanyak 3.078 rumah rusak dengan rincian 395 unit rusak berat, 692...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya