Jumat 11 September 2020, 19:15 WIB

162 Hotel dan Restoran Tunggu Verifikasi Laik Operasional di DIY

Ardi T Hardi | Nusantara
162 Hotel dan Restoran Tunggu Verifikasi Laik Operasional di DIY

Antara
Pengunjung menunggu pesanan makanan di Food Court di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Jawa Barat dengan menerapkan protokol Covid.

 

SEBANYAK 162 hotel dan restoran yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditargetkan selesai diverifikasi kelayakan operasional hingga akhir September 2020.

Ketua Satgas COVID-19 BPD PHRI DIY Heryadi Bain menjelaskan, verifikasi ini diharapkan dapat meyakinkan tamu hotel dan restoran, tempat yang dikunjungi menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Setiap hotel dan restoran yang telah diverifikasi akan mendapatkan surat rekomendasi dan stiker sebagai jaminan kelayakan hotel.

"Apabila suatu saat mereka melanggar ketentuan SOP (standard operational procedure), kami langsung menarik kembali surat itu," kata dia, Jumat (11/9). Hotel atau restoran tersebut akan dibina hingga protokol kesehatan dijalankan lagi secara baik.

Protokol kesehatan harus benar-benar dijalankan demi memberi jaminan kesehatan, kenyamanan, dan keamanan bagi para tamu. "Ini wujud komitmen kami untuk membangkitkan lagi pariwisata di Yogyakarta," jelas dia.

Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono mengatakan, 162 hotel dan restoran di DIY, dari 400 yang ada, telah beroperasi kembali. Namun, belum semuanya diverifikasi dan ditargetkan bisa diverifikasi bulan ini.

"Protokol kesehatan harus mutlak dilaksanakan dulu. Kalau belum siap, jangan buka," jelas dia.

Kehati-hatian mutlak dibutuhkan agat tidak muncul klaster penularan Covid-19 di hotel dan restoran. Verifikasi dilakukan PHRI bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Dinas Pariwisata. (OL-13)

Baca Juga: RSUD Wangaya Denpasar Penuh Pasien Covid-19

Baca Juga

MI/Kristiadi

Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Masuk Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Kamis 06 Mei 2021, 06:41 WIB
Polres Tasikmalaya Kota memutar balik ratusan kendaraan yang melintas di jalur selatan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya...
DOK MI

Tadarusan di Martapura Picu Kontroversi Politisasi Alquran

👤Denny Susanto 🕔Kamis 06 Mei 2021, 06:16 WIB
Kegiatan tadarus Alquran dengan mengundang calon Gubernur Kalimantan Selatan yang berlangsung di Masjid Agung Al Karomah, Martapura, Kalsel...
DOK MI

Dalam Sepekan, Sesar Lokal Di Sigi Picu 28 Kali Gempa

👤Widhoroso 🕔Kamis 06 Mei 2021, 05:45 WIB
BMKG stasiun Geofisika Palu, Sulawesi Tengah mencatat dalam rentan waktu 30 April hingga 4 Mei sudah ada 28 kali gempa mengguncang wilayah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya