Selasa 08 September 2020, 15:50 WIB

Dari Hijau, Banyumas Masuk Zona Oranye Covid-19

Lilik Darmawan | Nusantara
Dari Hijau, Banyumas Masuk Zona Oranye Covid-19

MI/Lilik Darmawan
Pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki kampus Universitas Muhammdiyah Purwokerto antisipasi penyebaran covid-19

 

ANGKA reproduksi efektif (Rt) di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) kembali naik di atas 1, menjadi 1,2. Padahal sebelumnya selama sembilan hari, angkanya di bawah 1. Sehingga kini Banyumas masuk zona oranye dari sebelumnya hijau. Angka kematian juga mengalami kenaikan karena ada tambahan dua pasien meninggal.

"Sekarang ini, kasus  Covid-19 di Banyumas mengalami kenaikan dan ana dua pasien yang  meninggal. Keduanya termasuk kormobid berat atau ada penyakit penyerta. Reproduksi efektif mengalami peningkatan dari sebelumnya di bawah 1, kini menjadi 1,2. Sehingga saat sekarang, Banyumas masuk kategori oranye dari sebelumnya hijau," jelas Bupati Banyumas Achmad Husein, Selasa (8/9).

Sampai sekarang, jumlah kasus positif Covid-19 di Banyumas sebanyak 343 kasus, 268 di antaranya telah sembuh, 67 masih dalam perawatan dan delapan orang lainnya meninggal dunia.

Dijelaskan oleh Bupati, pihaknya akan terus berusaha untuk menekan angka penyebaran  dan penularan dengan terus melaksanakan tes usap. "Pemkab juga terus mengintensifkan razia masker. Bahkan, saat melaksanakan razia masker, ada tujuh orang yang tak kenakan masker ternyata positif Covid-19," ujarnya.

Baca Juga: Kali Ketiga, Pemkab Banyumas Perpanjang Tanggap Darurat Covid ...

Sementara dari Kebumen dilaporkan, kasus Covid-19 mengalami kenaikan signifikan. Jika pekan lalu, ada tambahan langsung sebanyak 30 kasus, pekan ini tercatat ada 10 kasus positif. Selain itu, ada satu pasien positif Covid-19 di Kebumen yang meninggal dunia.

"Dari ke-10  warga yang terkonfirmasi positif, pada umumnya merupakan kontak erat dengan keluarga yang positif Covid-19 dan sebagian perjalanan dari luar kota. Hingga sekarang, ada 287 kasus positif, tujuh meninggal dunia, 83 orang masih dirawat dan 168 sembuh,"jelas Koordinator Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kebumen Cokro Aminoto. (OL-13)

Baca Juga: Akhirnya, 100 Desa di Banyumas Mau Terima Jenazah Pasien Korona

 

Baca Juga

Antara/Adwit B Pramono

Manado Dilanda Banjir dan Tanah Longsor, 5 Orang Meninggal

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 17 Januari 2021, 16:46 WIB
Setidaknya 500 orang terpaksa mengungsi akibat banjir dan tanah longsor di Manado sejak Sabtu sore. Wilayah tersebut dilanda hujan dengan...
ANTARA FOTO/ Akbar Tado

Anjing Pelacak Dikerahkan Bantu Pencarian Korban Gempa di Mamuju

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Januari 2021, 15:21 WIB
Anjing pelacak dari Unit K-9 SAR Polri diperbantukan dalam upaya untuk menemukan korban gempa di antara puing bangunan rumah...
ANTARA/Amirullah

Pencarian Korban Terjebak Reruntuhan Gempa Mamuju Terus Dilakukan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Januari 2021, 15:07 WIB
Kondisi terkini di Mamuju, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), yang masih diwarnai aktivitas evakuasi korban gempa di mana tim...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya