Rabu 22 Juli 2020, 11:00 WIB

Pergub New Normal Keluar, Polda Kalsel Siap Disiplinkan Warga

Denny Susanto | Nusantara
Pergub New Normal Keluar, Polda Kalsel Siap Disiplinkan Warga

Mi/Denny Susanto
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Nico Afinta

 

GUBERNUR Kalimantan Selatan Sahbirin Noor telah menerbitkan Peraturan Gubernur tentang tatanan hidup normal yang berisi panduan bagi masyarakat daerah agar kembali produktif dan aman dari virus korona (covid-19).Terbitnya Pergub nomor 66 pada Juni 2020 tersebut disusul dengan Peraturan Bupati/Walikota tujuh daerah zona merah penyebaran virus korona di Kalsel. Terkait hal ini Kepala Polda Kalsel, Irjen Nico Afinta menegaskan pihaknya akan menggelar operasi penegakan disiplin bagi masyarakat yang melanggar protokol covid sesuai dengan Pergub ini.

"Polda Kalsel segera melakukan operasi penegakan disiplin setelah adanya Pergub tersebut. Melalui operasi ini, kami berharap disiplin masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan semakin baik. Sehingga Kalsel mampu memutus rantai penyebaran virus korona," ungkap Kapolda, Rabu (22/7).

Menurut Nico ada tiga sasaran dalam operasi penegakan disiplin kenormalan baru ini yaitu meningkatkan kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan, berkurangnya penyebaran covid di Kalsel bisa ditekan serta jumlah penderita yang sembuh akan semakin bertambah. Pergub, Perbup dan Perwali tentang new normal ini akan menjadi payung hukum bagi Pemda dan aparat TNI-Polri dalam melaksanakan penegakan disiplin di tengah masyarakat.

Sejauh ini tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan masih kurang. Hal ini terlihat dari teguran yang diberikan petugas kepada ribuan orang warga karena mengabaikan protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker dan abai jaga jarak. Pada bagian lain jumlah kasus positif virus korona di Kalsel sudah mencapai 5.083 kasus dimana 257 orang penderita meninggal dunia. Sementara jumlah pasien yang berhasil disembuhkan sebanyak 2.034 orang atau dengan persentase kesembuhan 40,03 persen.

baca juga: Tim Pendisiplinan Warga Segera Dibentuk

Saat ini masih ada 2.792 orang penderita covid yang masih menjalani perawatan intensif di berbagai rumah sakit dan lokasi karantina khusus. Kemarin jumlah pasien sembuh sebanyak 159 orang bahkan salah satu tempat karantina Balai Diklat Hambulung Kota Banjarbaru kini kosong karena semua pasien karantina telah dinyatakan sembuh. (OL-3)

Baca Juga

MI/Kristiadi.

Satpam Bank BJB Tangkap Pembobol Mesin ATM di Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Minggu 23 Januari 2022, 15:10 WIB
Setelah lima menit, pelaku langsung beraksi di ruangan itu dengan membuka paksa brankas uang bagian bawah dengan memakai tangannya...
Antara/Arnas Padda.

Sulawesi Selatan Temukan Kasus Pertama Omikron

👤Lina Herlina 🕔Minggu 23 Januari 2022, 14:50 WIB
NA saat ini sudah menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padjonga Dg Ngalle...
DOK BIN

BIN Jabar Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19

👤Naviandri 🕔Minggu 23 Januari 2022, 13:35 WIB
Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung menyebutkan pihaknya mengalami kesulitan untuk pemberian vaksinasi kepada anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya