Senin 13 April 2020, 11:55 WIB

26 ABK KM Lambelu Positif Covid-19

Lina Herlina | Nusantara
26 ABK KM Lambelu Positif Covid-19

MI/Lina Herlina
KM Lambelu

 

Kapal Motor (KM) Lambelu dilarang untuk bersandar di Maumere, Nusa Tenggara Timur. Namun, ratusan penumpang sudah diturunkan di pelabuhan ini. Selanjutnya kapal melanjutkan perjalanan ke Makassar pada 8 April.

Kini KM Lambelu berada di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, sejauh 2 mil. Seluruh ABK harus menjalani pemeriksaan
kesehatan.

"Sesuai SOP (standar operasional prosedur), kapal yang kini berisi 141 orang yang semuanya merupakan awak kapal diperiksa. Hari ini ada lanjutan pemeriksaan kesehatan sebagian awak, setelah kemarin sudah keluar hasil sebagian," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari, Senin (13/4).

Dari hasil pemeriksaan awal yang dilakukan oleh tim screening Dinas Kesehatan Sulsel, terhadap 42 awak kapal, sebanyak 26 ABK dinyatakan positif covid-19.

Baca juga: Jumlah Kasus Covid-19 di Gowa Relatif Tinggi

"Dari 141 orang yang ada di kapal, ada 42 orang yang melakukan pemeriksaan tahap awal. Dari hasilnya ada 26 orang yang dinyatakan positif covid-19. Sementara 99 lainnya akan melakukan tes hari ini," lanjut Ichsan.

Terhadap semua awak, baik yang berstatus positif covid-19 maupun yang negatif covid-19 harus menjalani isolasi di atas kapal. "Di atas kapal juga ada tim medis yang bertugas. Selain itu, ada petugas kepolisian yang juga ikut berjaga. Seluruh awak tidak diperbolehkan turun sebelum melalui masa karantina yang ditentukan," tegas Ichsan.

Hingga Minggu (12/4), kasus positif covid-19 di Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami penambahan kasus sebanyak 44 orang. Rinciannya 26 orang ABK KM Lambelu dan 18 lainnya merupakan warga Sulsel dari sejumlah daerah.

"Untuk 18 kasus, kami mencatat 14 orang dari Makassar, 1 orang dari Kabupaten Enrekang, 1 orang dari Sidrap, 1 orang dari
Pangkep, dan 1 lainnya dari Gowa. Jadi, total kasus di Sulsel sebanyak 222 orang," tutup Ichsan. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Putri

Madura United FC Minta KONI-Menpora Investigasi Tragedi Kanjuruhan, jangan PSSI

👤Mohammad Ghazi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:50 WIB
PRESIDEN Madura United FC, Achsanul Qosasi (AQ), tim investigasi tragedi Kanjuruhan lebih baik diserahkan ke KONI dan Kemenpora, jangan ke...
dok.mi

Plt Bupati Mimika Diduga Terlibat Korupsi Pengadaan Helikopter

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:42 WIB
KEJATI papua bersama Kejari Mimika tengah melakukan penyidikan dugaan korupsi pengadaan dua jenis pesawat yang telah dibeli oleh Dishub...
MI/Widjajadi

Tragedi Kanjuruhan Ancam Piala Dunia U-20 2023, Gibran Pasrah

👤Widjajadi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 16:34 WIB
Kota Surakarta yang menjadi bagian dari Piala Dunia U-20 saat ini masih melakukan persiapan terbaik sebagai tuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya