Jumat 15 November 2019, 10:12 WIB

Inovasi E-Administrasi Pemprov Jatim Raih Anugerah Kihajar 2019

Bagus Suryo | Nusantara
Inovasi E-Administrasi Pemprov Jatim Raih Anugerah Kihajar 2019

Dokumentasi Humas Dinas Pendidikan Jatim
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Hudiyono menerima penghargaan kategori madya Anugerah Kihajar 2019 di Jakarta

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur berhasil mendapatkan penghargaan dalam Anugerah Kihajar 2019 kategori madya dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pendidikan (Pustekkom), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (14/11) malam.

Dalam ajang bergengsi itu, inovasi TIK melalui realisasi e-administrasi dinyatakan sebagai salah satu inovasi terbaik. Penghargaan yang diberikan kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ini sekaligus membuktikan Pemprov Jatim memiliki kepedulian, komitmen kuat dan berkontribusi dalam memajukan pengembangan TIK secara nyata bagi masyarakat.

"Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat Jawa Timur termasuk para insan pendidikan atas doa restu dan dukungannya sehingga Pemerintah Provinsi Jatim mendapatkan penghargaan Anugerah Kihajar 2019," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Hudiyono usai menerima Anugerah Kihajar 2019.

Ia mengatakan prestasi ini sangat membanggakan, sejalan dengan komitmen untuk terus bekerja keras dalam meningkatkan pelayanan publik.

"Pemerintah Provinsi Jatim berkontribusi dan memiliki komitmen sangat kuat dalam memajukan pengembangan TIK. Kemajuan pembangunan TIK signifikan. Manfaatnya pun sudah dirasakan langsung oleh masyarakat, guru, siswa dan insan pendidikan," tuturnya.

Baca juga: Kanwil Jatim I Hadiri Peresmian Kawasan Berikat Pertama di Tuban

Keberadaan TIK sangat positif karena secara efektif dan efisien menunjang perencanaan, proses belajar mengajar sampai administrasinya. Sejauh ini, lanjutnya, sumber daya manusia (SDM) unggul insan pendidikan Jatim terus menghasilkan karya kreatif dan inovatif berbasis digital tersebar di seluruh lembaga pendidikan.

Sejumlah TIK yang sudah diwujudkan melalui penerapan aplikasi dan inovasi di antaranya Aplikasi Biaya Penunjang Operasional Penyelenggara Pendidikan (BPOPP), Sistem Informasi Inovasi Sekolah (SIISKA), website resmi Dinas Pendidikan, Sistem Antrean Kantor Terintegrasi (SAKTI) dan Sistem Informasi Pencatatan Barang dan Jasa Berbasis TIK (SICANTIK).

Aplikasi dan inovasi lainnya yaitu Sistem Informasi Manajemen Penggajian (SIMGAJI), Analisa Guru dan Tenaga Kependidikan (A-GTK), radio pendidikan (Rapendik), Sistem Informasi Manajemen Penilaian Angka Kredit (SIMPAK) dan Integrated System Manajemen SMA (ISMA).

Keberhasilan pembangunan bidang TIK juga melahirkan siswa-siswi unggul berprestasi yang membanggakan Jatim dan Indonesia. Mereka berprestasi menjuarai berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/Maulana Surya

Istri Bupati Demak Meninggal akibat Covid-19

👤Akhmad Safuan 🕔Senin 30 November 2020, 23:46 WIB
Almarhum Suntari terkena covid-19 diduga akibat tertular suaminya yang sebelumnya juga sudah positif korona tapi sudah sembuh dan dapat...
Antara

Seluruh RS Rujukan Covid di Banyumas Full Pasien

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 30 November 2020, 22:30 WIB
SELURUH tempat tidur isolasi di rumah sakit di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) penuh pasien...
DOK Kementerian PU-Pera

Water Front City Majukan Ekonomi Sosial Banda Aceh

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 November 2020, 22:04 WIB
Kawasan Peunayong yang berada di Kecamatan Kuta Alam memiliki luas 19,53 ha yang terletak di tepian Sungai Krueng...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya