Rabu 29 Mei 2019, 23:25 WIB

Kiai Tholchah Hasan Dimakamkan di Pesantren Bungkuk

Bagus Suryo | Nusantara
Kiai Tholchah Hasan Dimakamkan di Pesantren Bungkuk

Ist
Tholchah Hasan

 

KH Muhammad Tholchah Hasan dimakamkan di Ponpes Mifthahul Falah, Jalan Bungkuk, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (29/5). Di pesantren yang tersohor dengan nama Pesantren Bungkuk ribuan pelayat mendoakan Menteri Agama era Presiden Abdurrahman Wahid tersebut.

Setelah jenazah disemayamkan di rumah duka Jalan Ronggolawe, Singosari, untuk selanjutnya setelah salat tarawih disalati di Masjid At-Thohiriyah, komplek Pesantren Bungkuk.

"Dimakamkan di Pesantren Bungkuk atas permintaan pihak keluarga," tegas Bupati Malang, HM Sanusi kepada wartawan.

Sanusi menyatakan sempat bertemu Kiai Tholchah saat menjenguk bersama Gubernur Jatim Khofifah Indarparawansa di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang. Saat itu, lanjutnya, Kiai Tholchah berpesan agar warga Nahdliyin memajukan pendidikan, terutama untuk turut berperan aktif dalam memajukan Universitas Islam Malang (Unisma).

Adapun bagi warga NU di pemerintahan agar terus mengembangkan sumber daya manusia sehingga intelektualnya bisa mendalami ilmu agama dan ilmu umum yang lebih maju demi pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

Bagi Sanusi dan warga NU, Kiai Tholchah merupakan tokoh NU yang hidupnya diabdikan untuk berjuang demi kemajuan pendidikan.


Baca juga: Menag Era Gus Dur KH Tolchah Hasan Wafat


"Beliau sejak dulu berjuang untuk pendidikan, mendirikan Fakultas Syariah di Gondanglegi, Kabupaten Malang. Seluruh kegiatannya untuk memajukan pendidikan di Malang Raya," ujarnya.

Akhir-akhir ini Kiai Tholchah memiliki obsesi mendirikan perguruan tinggi terbesar di Malang Raya meliputi wilayah Kabupaten/Kota Malang dan Kota Batu.

"Beliau akan mengembangkan kampus Unisma di Karangploso, Kabupaten Malang, dan sudah membebaskan lahan seluas 80 hektare dan akan mendirikan Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan di Malang selatan," tuturnya.

Kiai Tholchah wafat diusia 83 tahun sekitar pukul 14.30 WIB saat menjalani perawatan di RSSA Kota Malang. Sejak dua pekan terakhir, ia menjalani perawatan karena kondisi kesehatannya menurun pada pertengahan Mei lalu.

Mendiang selama hudupnya mengabdikan diri di Nahdlatul Ulama dan dunia pendidikan sekaligus pendiri Universitas Islam Malang serta menjabat menteri agama. (OL-1)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Teknologi Dipadu Budidaya Magot untuk Solusi Sampah

👤Lilik Darmawan 🕔Minggu 29 November 2020, 09:36 WIB
Magot atau belatung dapat dibudidayakan menjadi magot dewasa untuk pakan ternak atau dilanjutkan jadi lalat hitam atau black soldier fly...
Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Barito Kuala Bagian Pengembangan Food Estate

👤Denny Susanto 🕔Minggu 29 November 2020, 09:30 WIB
Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan menjadi bagian program pengembangan ketahanan pangan (food estate) yang tengah dijalankan...
Ilustrasi

Komunitas Biara Kkottongaen di Mabar Terpapar Covid-19

👤John Lewar 🕔Minggu 29 November 2020, 09:23 WIB
Komunitas biara Suster Bruder KKottongaen Indonesia di Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT ada yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya