Kamis 26 Januari 2023, 15:46 WIB

Jelang KTT ASEAN, DKI Hentikan Sementara Proyek Galian

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
Jelang KTT ASEAN, DKI Hentikan Sementara Proyek Galian

MI/Andri Widiyanto
Pengendara melintas di sebelah galian kabel utilitas tanpa pengaman di wilayah Jakarta.

 

PEMPROV DKI Jakarta menghentikan sementara pengerjaan sejumlah proyek galian di sepanjang jalan protokol wilayah Ibu Kota. Adapun hal ini dikarenakan dalam rangka menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

Diketahui, Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. Acara berskala internasional itu akan dihelat di Jakarta Convention Center (JCC) pada September mendatang.

Penghentian sementara proyek galian juga mandat dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada Dinas Bina Marga DKI.

Baca juga: Skywalk Kebayoran Lama Bakal Diresmikan Besok

"Pak Pj Gubernur kemarin menyampaikan, untuk menyongsong KTT ASEAN pada September, kalau mau gali-menggali, itu mungkin bisa bulan ini sampai bulan depan lah," jelas Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho kepada wartawan, Kamis (26/1).

Hingga September 2023, para kontraktor hanya boleh melakukan galian, misalnya untuk proyek Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) di kawasan Jakarta, selain jalan protokol.

Baca juga: Indonesia Siap Nahkodai ASEAN Maju dan Damai

"Nanti menuju September, tidak ada lagi yang namanya galian di sepanjang jalan protokol. Kalau di wilayah pinggiran, silakan saja. Tapi kalau jalan protokol, itu sudah kita larang," imbuh Hari.

Lebih lanjut, dia mencontohkan pengerjaan proyek galian di Jalan Malahayati, Jakarta Timur, yang sengaja didahulukan. Sehingga, proyek galian bisa tetap berjalan sesuai target, meskipun ada perhalatan KTT ASEAN.

Sebelumnya, Pj Gubernur DKI juga telah menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov DKI, untuk mendukung penuh Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, serta peran Jakarta sebagai tuan rumah MGMAC 2023.(OL-11)


 

Baca Juga

MI/HO

Dukung Aksi Tolak ERP DKI, Jumhur Hidayat: Ini Diskriminasi Nyata Terhadap Rakyat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:01 WIB
RIBUAN pengemudi Ojek Online yang tergabung dalam PREDATORm elakukan aksi unjuk rasa di depan Balaikota DKI Jakarta untuk menolak...
MI/M Irfan

Komunitas Ojol Desak Gubernur DKI Copot Kadishub, Syafrin: Terserah Pimpinan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 09 Februari 2023, 11:10 WIB
KEPALA Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo angkat bicara usai komunitas pengemudi ojek online (ojol) mendesak Gubernur mencopot...
MI/Susanto

Majelis Hakim Tolak Eksepsi Irjen Teddy Terkait Kasus Peredaran Narkoba

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 09 Februari 2023, 10:55 WIB
"Menyatakan keberatan atau eksepsi kuasa hukum terdakwa (Irjen Teddy) tidak diterima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya