Kamis 19 Januari 2023, 13:25 WIB

Kurangi Banjir Di Jakbar, Heru Bidik Normalisasi Kali Pesanggrahan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Kurangi Banjir Di Jakbar, Heru Bidik Normalisasi Kali Pesanggrahan

NTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Kali pesanggrahan, Jakarta Selatan.

 

PEMPROV DKI Jakarta bakal menormalisasi Kali Pesanggrahan. Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan rencana itu saat meninjau langsung kali yang melewati wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan itu hari ini tepatnya di Jalan Briti, Kelurahan Kembangan Selatan, Jakarta Barat.

"Kita sekarang berada di kelurahan Kembangan Selatan mengecek kondisi Kali Pesanggrahan yang ada 2023 kita mengamankan salah satu area yang sering banjir di area perempatan puri," kata Hery, Kamis (19/1).

Normalisasi Kali Pesanggrahan akan dilakukan dengan panjang 1.400 meter dengan rincian 765 meter di sisi timur dan 605 meter di sisi barat.

Dengan normalisasi ini diharapkan dapat mengurangi banjir di kawasan permukiman warga di sekitar Jalan Briti, pinggir tol dalam kota, hingga area simpang Puri Kembangan, Kelurahan Kembangan Selatan, dan Kelurahan Kedoya Selatan.

"Jadi sehingga area di sini dari tol sampai lampu merah sana itu bisa mengurangi banjir dan tentunya dampak kemacetan lalu lintas saat-saat kondisi genting terkait dengan banjir," ungkap Heru.

Heru menargetkan proses normalisasi Kali Pesanggrahan akan selesai tahun ini.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Yusmada Faisal mengatakan, pihaknya sudah melakukan proses lelang konstruksi untuk normalisasi Kali Pesanggrahan. Anggaran konstruksi bakal menelan dana Rp40 miliar.

"Untuk lebar kali kita akan mengikuti lebar eksisting yakni 15 meter sampai 20 meter. Mungkin tidak akan banyak pembebasan lahan," tuturnya.

Ia melanjutkan, Kali Pesanggrahan adalah salah satu dari lima kali besar yang ada di Jakarta dari total 13 kali. Keempat kali besar lainnya adalah Kali Ciliwung, Kali Angke, Kali Sunter, dan Kali Jatikramat. Kelima kali ini diupayakan untuk secara bertahap dinormalisasi. (OL-12)

Baca Juga

DOK MI

Kasus Polisi Peras Polisi, Kompolnas: Jeruk Makan Jeruk

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:08 WIB
KOMISIONER Kompolnas, Albertus Wahyurudhanto mengatakan kasus viralnya kasus Bripka Madih serta penyidik yang diduga memeras di kasus...
Dok.Medcom

Polri Harus Cermat dan Tanggap Tangani Kasus Polisi Peras Polisi

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 20:10 WIB
Hibnu menjelaskan bahwa pihak Kepolisian harus segara melakukan mediasi antara Madih dengan penyidik yang diduga melakukan...
MI / ADAM DWI.

PJ Gubernur DKI : Penanganan Kemiskinan Terkendala Penambahan Pendatang

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:54 WIB
Dalam percepatan penanganan kemiskinan ekstrem, Pemprov DKI Jakarta menetapkan Program Intervensi Kemiskinan Terpadu, salah satunya dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya